Thailand Siap Rebut Jatah Tuan Rumah MotoGP Indonesia

Sukses menggelar World Superbike Championship (WSBK) 2017 pada 10-12Maret kemarin, Thailand makin bersemangat untuk bisa menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan, 2018.

Dorna sendiri juga sudah memberi isyarat siap memberikan jatah MotoGP Indonesia ke Thailand.

Saat ini, Indonesia memang tampak tidak siap untuk menggelar MotoGP karena tidak memiliki sirkuit yang sesuai dengan standar GP. Sirkuit Jakabaring Palembang di Sumatera Selatan, yang dipersiapkan menggantikan Sirkuit Sentul masih terbentur masalah perizinan yang berkaitan dengan detail engineering design (DED).

Thailand terus merayu Dorna Sports dengan mempresentasikan keberhasilan mereka menggelar WSBK. Bahkan, sejak pertama kali jadi tuan rumah pada 2015, jumlah penontonya terus naik.

Dalam hitungan bisnis, Dorna jelas tidak mau jika pamor WSBK mengalahkan MotoGP di Thailand. Meski pendudukanyan lebih sedikit dibanding Indonesia, namun pasar merchandise MotoGP di Thailand lebih menjanjikan daripada di Indonesia yang lebih banyak bajakanya.


Di tengah ketidakjelasan itu, Thailand mencuri perhatian Dorna Sports dengan mempresentasikan keberhasilan mereka menggelar WSBK. Termasuk fakta bahwa sejak memperkenalkan ajang balap ini pada 2015, mereka terus mengalami peningkatan jumlah penonton.

Dari angka penjualan motor, Thailand juga merupakan salah satu pasar terbesar di ASIA. Direktur Sirkuit Internasional Chang, Tanaisiri Chanvitayarom, bahkan mengklaim kontrak penyelenggaraan MotoGP di Negeri Gajah Putih dijadwalkan akan ditandatangani pada pertengahan 2017.


“Tentu saja kita ingin jadi tuan rumah balapan MotoGP. Itulah salah satu alasan mengapa kami telah membangun sirkuit,” jelas Chanvitayarom dikutip Speedweek.

Aduhh gimana ini sobb.

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan