Pertama di Yogyakarta, Driver Uber Ikut Pelatihan Safety Riding Honda

Bertepatan dengan peluncuran tagline baru Honda dalam kampanye keselamatan berkendara yang terintegrasi “#Cari_Aman” secara nasional di Jakarta (29/3), untuk pertama kalinya Astra Motor Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan safety riding bersama dengan pengemudi ojek online dari jaringan Uber. Dalam pelatihan yang dilaksanakan di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta, tercatat 25 Uber Driver berpartisipasi aktif sebagai peserta pelatihan.

Di tengah pergolakan isu mengenai moda transportasi online di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya, Uber driver berkomitmen untuk tetap melayani konsumen dan bahkan meningkatkan pelayanannya. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan meningkatkan kemampuan berkendara sepeda motor melalui pelatihan safety riding. Diharapkan dengan peningkatan kemampuan berkendara Uber driver, konsumen yang menggunakan jasanya akan merasa lebih aman dan nyaman.

“Teman-teman Uber driver Yogyakarta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Selain mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat, Kami menjadi semakin sadar akan pentingnya menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain di sekitar kita saat berkendara.” ungkap Budi Purwanto, salah satu Uber driver yang menjadi peserta pelatihan.


Dalam pelatihan  ini materi dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, postur, perilaku, resiko di jalan raya, hingga teori ketrampilan berkendara khususnya yang berkaitan dengan aktivitas Uber Driver sebagai penyedia jasa ojek online. Dalam sesi ini juga ditekankan perilakudan sikap aman berkendara saat mengendarai sepeda motor dengan berboncengan.

Pada sesi praktek, peserta diajak untuk meningkatkan ketrampilan berkendara melalui tiga materi yang meliputi pengereman ( braking), papan keseimbangan (narrow plank), dan slalom course. Khusus pada materi terakhir ini peserta pelatihan diajaka untuk mengenal teknik-teknik yang dapat digunakan saat menghadapi berbagai tikungan dalam berbagai kecepatan.


“Pelatihan bersama Uber Driver Yogyakarta ini merupakan pelatihan Batch 1. Kita akan cari waktu untuk segera melaksanakan pelatihan Batch 2, Batch 3, dan seterusnya. Harapan Kami pelatihan Safety Riding kepada Uber Driver dapat bermanfaat bagi peserta pelatihan, konsumen pengguna jasa Uber Ride, dan semoga juga dapat menekan angka kecelakaan lalulintas.” pungkas Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan