Motor Listrik Viar Q1 Resmi Diluncurkan Dengan Harganya Menggiurkan

Modelnya Trendi bro. Foto: liputan6.com

Viar kembali mencatatkan rekor di Indonesia menjadi pabrikan pertama yang mengenalkan motor matik, sekarang Viar melalui PT Triangle Motorindo (TM) menjadi pabrikan motor matik listrik pertama di Indonesia. Yaitu Viar Q1 di Jakarta pada Selasa (6/6) malam. Q1 sendiri memilik arti Quality Number One.

Memang selama ini sudah banyak sepeda listrik dengan tenaga setara 50cc yang berdesain layaknya sepeda motor. Namun Viar Q1 ini adalah sepeda matik listrik pertama di Indonesia yang sudah dilengkapi dengan STNK, yang artinya, dapat dikemudikan di jalan raya tanpa melanggar aturan yang berlaku.

Yang bikin bangga, motor ini adalah hasil kolaborasi anak bangsa Presiden Direktur PT TM, Ignatius Kartiman, mengatakan bahwa ini adalah motor yang dikembangkan bersama oleh Viar, Bosch dan Universitas Gajah Mada. Matik ramah lingkungan ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta PLN.

“Motor ini adalah bentuk komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang saat ini menginginkan semua pihak untuk bersama-sama memberikan perannya dalam mengurangi masalah pemanasan global,” ujarnya.

Bosch berperan dalam menyediakan komponen tenaga penggerak (driving system), termasuk baterai. Sementara UGM berperan dalam mengembangkan Viar Q1 sebagai e-Scooter pintar.

Baterai dari Bosch dapat membuat Q1 melaju hingga kecepatan 60 km/jam, serta dengan jarak terjauh 60 km. Baterai lithium ion dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu lima sampai tujuh jam.

Menariknya, isi ulang motor dapat dilakukan di rumah. Pasalnya, kapasitas listrik minimal untuk dapat mengisi baterai motor ini hanya 220 VA. Sebagai pengingat, listrik terkecil rumah tangga Indonesia adalah 450 VA.

Motor ini telah bisa dipesan, dan konsumen yang pertama memesan sudah bakal mendapatkannya dalam waktu dekat melalui website resmi viarmotor.com

Bandrol Harga

Yang menarik motor ini dihargai Rp 16,2 juta, wow setara dengan motor matik biasa 110cc.

Teknologi Tambahan

Ini yang menarik mas bro, motor ini bisa terkoneksi dengan smartphone yang memudakan pemantauan perawatan serta memudahkan saat turing karena terkoneksi dengan smarthphone dan memudahkan untuk perjalanan anda.

Namun untuk yang batch pertama sepertinya fitur ini belum ada, karena masih proses development. Amine Kamel, Director Automotive Electronics Bosch South East Asia, mengatakan kalau proyek Viar-Bosch selanjutnya adalah membuat kendaraan ramah lingkungan yang terkoneksi dengan ponsel pintar (smartphone).

“Kerja sama kami dengan Viar berjangka panjang. Termasuk dalam hal membuat kendaraan yang smart dan connected,” ujarnya, di Jakarta, Selasa (6/6) malamMungkin untuk versi update berikutnya.

Berikut spesifikasi lengkap Viar Q1:

Drive System
-Max Power: 800 Watts
-Top Speed: 60 km/jam
-Max Riding Range: 60 km


Charger
-Charger Input: 220 Volts
-Charger Power: 50 Hz

Power System
-Type: Maintenance Free
-Estimated Battery Life: 600-800 cycles
-Max Capacity: 2 kWh
Charge to 100 %: 5-7 hours


Dimensi
-LxWxH: 1.680 mm x 690 mm x 1.220 mm
-Wheelbase: 1060 mm
-Ground Clearance: 155 mm
-Weight: 78,5 Kg

Frame and Chasis
-Frame: Steel
-Front Suspension: Telescopic
-Rear Suspension: Double Swing
-Front Tire: 90/90-10 (Tubeless)
-Rear Tire: 90/90-10 (Tubeless)

Brakes:
-Front: Hydrolic Disk Brake
-Rear: Hydrolic Disk Brake

 Berikut ini galeri fotonya sob:
Saat dipakai boncengan terlihat imut ya. Foto: rumahberita.com
Walau mungil tetap enak dilihat. Foto: liputan6.com
Speedonya full LCD. Foto: liputan6.com

 

Kecanggihan teknologi Viar yang akan bisa dihubungkan dengan smartphone. Foto: liputan6.com

 

Launching Viar Q1. Foto: Liputan6.com

 

Modelnya Trendi bro. Foto: liputan6.com

 

Banya pakek Deli Tire. Foto: Iwanbanaran.com
rem belakang sudah ngadopsi Cakram. Foto: iwanbanaran.com

roda2blog di sosial media

1 Trackback / Pingback

  1. Motor Listrik Viar Q1 | Suetoclub's Blog

Tinggalkan Balasan