Varian Mesin Toyota Yang Diproduksi di Indonesia

Ada desas-desus jika Toyota kabarnya ingin berpisah dengan grup Astra, ingin berdiri sendiri untuk kepentingan ekspansi pasar yang lebih bebas dan luas. Isunya lho ya. 

Toyota di Indonesia yang sampai sekarang masih dibidani oleh PT. Toyota Astra Motor memiliki line-up mesin yang legendaris, salah satunya adalah karbu kijang yang menjadi super solusi di kalangan penghobi Mobil Tua Bangka :mrgreen:

Mesin seri K di mobil kijang juga termasuk legenda.

Sejak era Kijang LGX, Toyota telah menciptakan varian line-up mesin yang lebih canggih untuk produk Toyota di Indonesia seperti Innova, Fortuner, Avanza dll.


Secara garis besar, mesin mobil Toyota di Indonesia terbagi dalam 3 varian:
mesin diesel VNT (Variable Nozzle Turbo), VVT-i, dan Dual VVT-i.

Varian mesin diesel VNT yang digunakan di Grand New Toyota Fortuner dan All New Toyota Hilux adalah teknologi mesin diesel modern yang mampu meningkatkan daya dan torsi yang besar.

Sementara itu, varian mesin VVT-i (Variable Valve Timing-Intelligent) merupakan teknologi mesin yang mengatur sistem kerja katup. Dengan pemasukan bahan bakar (intake) secara elektronik, baik waktu maupun ukuran buka tutup katup.

Dengan begitu, bahan bakar sesuai dengan besaran putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.

Sementara itu, untuk Dual VVT-i yang saat ini digunakan duo LMPV Toyota, yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Mesin Dual VVT-i memiliki penyesuaian waktucamshaft intake dan exhaust. Mesin mobil yang memiliki teknologi dual VVT-i pengaturan saat bukaan klep bekerja secara penuh, serta bekerja secara maksimal yang akan menyesuaikan pada temperatur yang ideal. 

Pada waktu mesin sudah mencapai suhu mesin optimal, waktu bukaan klep exhaust dapat disesuaikan dengan bukaan mesin. 


Sementara, VNT yang dipakai Grand New Toyota Fortuner dan All New Toyota Hilux Diesel merupakan teknologi mesin diesel modern yang diaplikasi oleh Toyota untuk varian kendaraan dengan mesin solar. Perangkat ini mampu meningkatkan output daya dan torsi secara signifikan.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan