Gusur VW, Nissan Jadi Pabrikan Otomotif Dengan Penjualan Terbesar di Dunia

Nissan Group. Gambar: cnnmoney.com

Aliansi grup Nissan yang terdiri tiga brand otomotit Nissan, Renault dan Mitsubishi sukses menjadi produsen mobil terbesar di dunia dari jumlah volume penjualan mengalahkan Grup VW Volkswagen Jerman.

Dari berita yang dilansir Autoevolution, Jumat (28/07/2017). Di semester pertama 2017 (Januari – Juni) Grup Nissan berhasil menjual 5.268.078 unit. Sementara Volkswagen hanya 5.155.600 unit dan Toyota sebesar 5.129.000 unit. Sementara di tempat keempat, ditempati General Motors dengan pencapaian 4,7 juta unit.

“Aliansi kami yang membesar, akhirnya mewujudkan potensi penuhnya masing-masing, tidak hanya dalam hal volume, tapi juga dengan menyediakan layanan mobilitas generasi mendatang, kepada pelanggan di seluruh dunia,” kata Carlos Ghosn, Chairman and Chief Executive Nissan Group.

Prestasi Nissan ini tak lepas dari keberhasilan mereka mengakuisisi Mitsubishi pada awal tahun 2017 setelah Mitsubishi terkena krisis keuangan akibat skandal uji emisi. Sedangkan VW juga terjerat skandal uji emisi dan sedang terus menyelesaikan recall pada 11 juta unit mobil yang perna dijualnya.

Secara lebih rinci, Nissan menyumbang aliansi paling banyak, dengan perolehan mencapai 2.894.488 unit. Sampai saat ini, Nissan masih mengandalkan pasar Amerika Serikat, China, dan Jepang, sebagai penyumbang terbesar.


Kemudian yang kedua ada Renault, dengan menjual 1.879.288 unit, yang menjual banyak mobil di wilayah Perancis, Rusia, dan Italia. Sementara Mitsubishi menjual lebih sedikit dengan perolehan 494.303 unit, ditopang oleh penjualan di Amerika Serikat, China, dan Jepang.


Sedangkan di Indonesia, penjualan Nissan meredup.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan