Tips Panduan Memilih Sepeda Fixie

Pernah nonton film Premium Rush? film bertema pengantar barang di wilayah kota New York Amerika Serikat dengan sepeda fixie itu membuat banyak orang jatuh sama sepeda jenis ini.

Jaman dulu, sepeda fixie ini adalah sepeda paket hemat buat anak sekolahan, karena harga gear belakang murah meriah dan tidak perlu repot biaya rem. Namun sekarang sepeda ini jadi trend, selain karena murah dan desain yang menarik, juga karena banyak video atraksi freestyle di youtube pakek Vixie.

Sepeda Vixie sekarang ini memakai frame model sepeda balap velodrome dengan ban tipis 500cc-700cc juga spek balap. Hasilnya, walau fixed gear, tetap enteng digowes apalagi klo jalanya mulus rata, uenakk bangett. Diajak sprint sama sepeda balap juga ayoo :mrgreen:

Harga sepeda Fixie baru yang termurah dibandrol 800ribuan. Sedangkan yang termahal tidak terbatas.

Tentunya ada banyak merek, mulai dari Pacific, United, Wym Cicle, Polygon semua produsen sepeda menyediakan varian Vixie. Namun ada juga rakitan lokal atau rakitan toko sepeda.


Nah berikut ini tips dari R2B dalam memilih sepeda fixie.

1 . Coba dulu sepeda Fixie agar dapat feeling yang pas soal ukuran frame dan ban.
Untuk ukuran frame sebenarnya hampir tak ada beda, hanya yang beda adalah ukuran ban. Pastikan memilih ukuran sepeda Fixed Gear sesuai tinggi badan dan panjang kaki Anda agar anda merasa lebih nyaman ketika menggunakannya.


Standarnya, Velg dan Ban sepeda Fixie memakai ukuran balap indoor velodrome 700cc. Jika sering dipakai di jalan yang jelek ya siap-siap aja sering ganti ban.

Namun saya lebih suka memakai velg ukuran 27in dan ban ukuran 27in juga, ini adalah ukuran sepeda balap outdoor. Banyak yang bilang sudah mencari banya, itu hanya mitos prend, saya jamin masih banyak kok yang jual di pasaran. 

 

3 . Periksa Freewheel dan Frame
Bagian terpenting dari sepeda gowes adalah Freewheel atau Boss As (bahasa bengkel jawa timuran), si penghubung dua pedal.  Pastikan memilih yang bermerek, karena jika sekali kocak ya harus diganti. Yang pasti harga gak bohong kalau soal kualitas.

Lalu periksa soal Frame. Ada dua jenis frame, frame Alumunium Alloy dan Real Steel.

Si Alloy lebih mahal, lebih ringan namun lebih mudah penyok. Kalau jatuh nubruk lalu penyok dan patah, ya sudah wassalam … ganti sepeda baru.

Yang Steel mungkin lebih berat, namun lebih murah dan tidak gampang penyok. Soal bobotnya yang lebih berat bisa diakali dengan gear yang lebih besar.

Teliti juga frame/rangka sepeda lihat dengan detail sambungan demi sambungan rangka. Bila sambungan lasnya tidak rapi, sebaiknya jangan dipilih. Ini berlaku jika anda merakit sendiri si Fixie.

4 . Harga
Harga sepeda fixie terkadang menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli sepeda. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan dengan dana di kantong. Tapi tenang saja biasanya para penjual sepeda bisa di-nego sehingga anda mendapatkan sepeda sesuai dana di kantong.

5 . Merakit Sendiri
Beli partnya secara protolan dari toko sepeda, lalu kemudian dirakit sendiri? kenapa tidak? Namun anda harus tahu dulu merek-merek di dunia spare part sepeda angin jika ingin merakit sendiri.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

    • suwekk nyelengii
      lha duitmu sing pok simpen ngisor bantal kae ngge opo, selak entek konangan tonggo, disilih ra dibayar, kandass mengkoo

Tinggalkan Balasan