Tips Memilih Sepeda Untuk Anak Usia 7-10 Tahun

Anak usia 7 tahun biasanya baru mulai mengenal asyiknya bersepeda. Tentunya sebagai orang tua ingin memberikan sepeda yang bagus untuk anaknya. 
Tinggi badan anak usia 7 tahun sampai 10 tahun cocoknya memakai sepeda dengan profil ban 20inchi. Namun masalahnya, anak usia tersebut pertumbuh tinggi badanya cepat banget. Sepeda dengan ban ukuran 20inchi bisa cepat kadaluarsa karena anak bertambah tinggi dan minta lagi upgrade sepeda ketika usia 10tahun kenatas ke ban lingkaran 26inchi.

Nah biar gak terlalu banyak keluar uang. Mimin mau berbagi tips nih untuk anak cowok yaa. Anak cewek ya sebenarnya boleh boleh aja sih.

Sepeda dengan lingkar roda 20in ada dua tipe, pertama jenis Sepeda MTB dan Sepeda BMX berikut jabaranya.


Sepeda MTB 20inchi.

Secera desain ergonomi sepeda ini bukan tipe MTB atau sepeda gunung. Hanya sepeda biasa yang diberi operan gigi kecepatan atau gerset layaknya MTB. Gerset hanya pada roda belakang saja. 

Secara prestis sepeda ini cukup keren karena adanya girset. Namun sebaiknya jangan membelikan sepeda model ini.

Karena cepat kadaluarsa, saar usia anak 10 tahun dia akan malu mengendarainya karena model desainya yang memang childish banget. Kekanak-kanakan.

Harga barunya di kisaran 850rb-900rb untuk merek Pasifik, Aviator, Jieyang dkk.

Sedangkan merek United, Wym Cycle dan Polygon dikisara  1.500.000 -2.000.000

Sepeda BMX

Meskipun sama-sama menggunakan roda 20inchi, namun Sepeda BMX berbeda dengan sepeda MTB mini 20in

Ciri utama yang membedakan Sepeda BMX dengan MTB mini 20in adalah panjang frame. Frame sepeda BMX lebih panjang, jadi meskipun dinaiki orang dewasa, lutut tidak mentok ke stang, tetap nyaman mengayuhnya. 

Sedang kekurangnya, Sepeda BMX tidak memiliki gir set pengatur kecepatan. Tapi itu bukan masalah, karena sepeda BMX memiliki lengan kayuh yang lebih panjang di MTB mini 20in.

Lengan kayuh yang lebih panjang membuat sepeda BMX enteng dikayuh. Terutama bisa anda memilih BMX versi balap. Saat ini ada dua versi BMX, untuk balap dan atraksi. 


Kelebihan lain pada kekuatan Frame. Pada merek-merek kondang seperti United, Wim Cycle dan Polygon sepeda BMX-nya sudah memakai bahan AlumiuniumnAlloy. Sedangkan sepeda MTB-nya dengan harga yang sama, masih memakai bahan Steel/besi. 

Untuk harga, BMX merek Pacific, Jieyang, Aviator dibandrol kisaran 700-850 dengan frame dari besi. 

Sedangkan merek United, Wym Cycle dan Polygon mulai dari 1.250.000 ke atas tanpa batas. :mrgreen:

Sepeda BMX berframe alloy merek P###### dengan harga 1.500.000 sudah dilengkapi dengan velg ring dobel wall dan ban balap merek kenda, kuat dinaikin orang berbobot sampai 100kilogram.
Mana yang cocok dan hemat?

Memilih sepeda BMX dengan bahan frame alloy jelas lebih hemat. Karena selain bisa dikendarai anak sampai dewasa, terutama kalau anak hobi ngebut di sirkuit BMX (kalau tersedia di kota anda) BMX juga tetap nyaman dikendarai bapak sang bapak keliling komplek perumahan. 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan