Tips Panduan Memilih Groupset Shimano Untuk Road Bike

Jika sebelumnya kita bahas groupset Shimano untuk sepeda MTB / Mountain Bike. Kali ini tentang produk Shimano untuk road bike.

Selain Shimano, group set di kelas road bike/ sepeda balap ada Campagnolo yang melegenda dan SRAM si pendatang baru yang cukup memikat. Namun merek Jepang, Shimano tetap mendapat hati di sebagian besar penikmat sepeda balap.

Berikut ini adalah tingkatanya:

1. Shimano Claris

Ini adalah grupset termurah Shimano untuk kelas road bike, meskipun murah namun performanya pantas diacungi jempol serta desain dan tampilanya sangat memikat.

Performa Claris di kelas harganya gak ada tandingan. Dengan rem yg pakem, perpindahan Gir yg smooth. Yang bikin ajib lagi, adalah dual control STi-nya yang bisa mengontrol langsung rem dan perpindahan gir. Asik kan.

Desain tampilannya juga paling keren di kelasnya. 

Namun ya karena harganya murah tentu ada keterbatasan. Untuk Gir belakang hanya bisa up sampai 8 kecepatan pilihan. Untuk Gir depan hanya 3 saja dengan pilihan mata Gir 50, 39 dan 30. 


Bagi yang siap fisik jelas no problem, namun bagi yg tidak, ya kurang banyak pilihan gir-nya untuk melahap tanjakan. 

Sistem pengereman masih menggunakan sistem bantalan belum cakram. 

 

2. Shimano Sora

Sora selama ini dikenal sebagai Gir set paling handal dan bertenaga di jajaran produk Shimano dengan tampilan yang biasa saja. Namun setelah update tahun 2016 Shimano juga mempercantik Sora.

Untuk derauileer belakang, Gir set Sora bisa dipasang mata Gir dari 11mata sampai 34. Bisa sampai 9speed. 

Untuk pengereman, standarnya memakai bantalan namun juga ada opsi memakai disk cakram.

Tampilannya sekarang juga cakep, Sora bisa dipasang di internal frame. Cranksetnya memakai model 4 palang dengan lekukan halus. 

3. Shimano Tiagra

Tiagra terkenal karena memberikan kenyamanan. Desainnya cukup manis dengan cranksetnya 4palang. Bisa mengakomodir 10 kecepatan dan sproket 34 mata gigi. 

Untuk sistem pengereman sudah mengadopsi sistem rem cakram mekanik. Tiagra memberikan kenyamanan road bikes bagi para enthusiast biker. Serta kemampuan optimal di tanjakan dengan sproket 34 mata. 


4. Shimano 105

Salah satu Shimano favorit. Dengan pilihan 11 kecepatan dan sproket 32 gigi. Shimano 105 terkenal juga dengan raja tanjakan. 

Secara tampilan, 105 cukup eksklusif dengan pengereman mengguna sistem bantalan. Belum ada kabar upgrade, namun 105 adalah groupset paling affordable untuk balapan dari segi harga.

5. Shimano Ultrega

Ultrega adalah varian Shimano tertinggi. Dengan pilihan 11 kecepatan. Bobotnya lebih ringan dari 105 dan lebih smooth perpindahan giginya. Dengan pilihan sproket 32 gigi menjamin Ultrega siap melahap tanjakan. 

Sistem pengereman sudah mengadopsi sistem pengereman hidrolik. Namun karena harga yang tinggi dan rasa yang mirip dengan 105 yang lebih murah, membuatnya kurang populer. 
 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan