Toyota Gugat Produsen Toilet Bermerek Lexus

2018 Lexus LC - Luxury Coupe | Lexus.com

Enggak terima merek mobil premiumnya, Lexus, dipakai oleh produsen toilet. Toyota menggugat produsen alat-alat sanitasi bermerek LEXUS di Pengadilan Niaga. Ini bukan yang pertama, Toyota diketahui telah berulangkali mengajukan gugatan pembatalan terhadap pemilik merek Lexus di Indonesia. Dari Juni 2015 hingga akhir 2016, tercatat enam nomor pendaftaran merek Lexus yang berhasil dibatalkan melalui Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Dilihat dari situs sipp-pn-jakartapusat.go.id, Selasa (26/9/2017), kuasa hukum Toyota, Harry Wirawan, mendaftarkan gugatan mereka pada 22 Agustus 2017.

Toyota menggugat Marzuki Tan, seorang pengusaha sanitasi bermerek Lexus. Tuntutanya bukan hanya 1 perkara, tapi juga 2 perkara. Masing-masing dengan nomor perkara 45/Pdt.Sus-HKI/Merek/2017/PN Jkt.Pst dan 46/Pdt.Sus-HKI/Merek/2017/PN Jkt.Pst.

Dalam petitumnya, Toyota meminta hakim mengabulkan gugatan mereka untuk seluruhnya. Selain itu, mereka ingin hakim menetapkan Toyota sebagai pemilik satu-satunya yang berhak atas merek Lexus sehingga mempunyai hak tunggal untuk memakai merek tersebut di Indonesia.


“Menyatakan merek Lexus dengan nomor pendaftaran IDM000468830 atas nama tergugat (Marzuki) mempunyai persamaan pada pokoknya dengan merek Lexus milik penggugat (Toyota),” tulis mereka dalam petitum.

Contoh toilet merek Lexus

“Menyatakan bahwa tergugat mengajukan pendaftaran merek Lexus ke Direktorat Merek dengan nomor pendaftaran IDM000468830 dengan iktikad tidak baik, karena memiliki persamaan, meniru, dan menjiplak mereka terkenal Lexus milik penggugat demi kepentingan usahanya,” tegas mereka.

Yaa mau gimana lagi, popularitas Lexus memang cukup meggiurkan untuk didompleng, termasuk makanan ringan sekalipun


 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan