Kenalan Sama Sepeda MTB Merek Patrol

Sepeda gowes merek Patrol aslinya adalah merek dan buatan Amerika Serikat, boleh dibilang mereka adalah spesialisnya sepeda MTB. Namun desas-desusnya, sepeda ini di Indonesia diproduksi oleh produsen sepeda United dengan lisensi dari Patrol Amerika Serikat. 

Patrol sudah berdiri sejak tahun 1963 dan khusus memproduksi sepeda gunung atau MTB.  Karena populasinya yang jarang, banyak yang bingung dengan silsilah produk dari sepeda Patrol ini. Kali ini mimin berbagi sedikit informasi.

Produk sepeda Patrol diklasifikasikan hanya dengan 3 atau 4 digit nomer seri yang urut, simpel dan mudah. Bagi yang sudah tahu.

Dari sisi Material, sepeda patrol diberi kode C untuk yang bahanya serat karbon. Sedangkan yang Alloy atau aluminium Alloy tidak diberi kode huruf tapi langsung nomer sebagai berikut.

Kode Jenis sepeda Patrol,
Tipe jenis sepeda patrol bisa dibaca pada angka paling depan dari setiap serinya. Angka ini juga sebagai informasi ukuran fork depan. Berikut urutanya
Angka 4 untuk sepeda XC Line
Angka 5 untuk sepeda Trail
Angka 6 untuk Sepeda All Mountain Enduro
Angka 8 untuk sepeda Downhill
Angka 0 untuk sepeda Hardtail

Ukuran Ban
Angka 7 berarti sepeda tersebut menggunakan ban 27,5
Angka 9 berarti menggunakan ban 29,5


Level Spesifikasi Produk
Ini adalah angka terakhir di setiap seri sepeda Patrol, makin kecil angkanya berarti makin tinggi spek produk tersebut.

Misalnya, Patrol O74 berarti itu adalah sepeda Hard Tail (angka 0) dengan ban 27,5 (angka 7) namun speknya paling bawah (angka 4). Karena di atasnya ada Patrol 073 yang lebih mahal.

Soal harga?
Nah ini yang susah, di website resminya. Harganya memaki bandrol dollar misalnya Patrol o74 yang dibandrol $799 dollar atau setara  9,5 juta rupiah. Namun di Indonesia, sepeda ini bisa didapat dengan harga kisaran 5-7juta tergantung toko yang jualinya. Jadi sampeyan harus pandai-pandai mencari harga dan rajin keliling toko sepeda ya sob.

Impressi rasanya bagaimana?

Sepeda Patrol ini bisa dibilang cukup memuaskan. Membeli seri paling rendah pun, anda tidak perlu bingung upgrade spare part-nya jika hanya bersanding dengan sepeda merek lokal kelas high end.

Grupset-nya juga cukup mewah, untuk seri terendahnya (Patrol 074) memakai kombinasi Shimano Alivio + Shimano Altus. Yang paling asyik dari sepeda ini adalah geometri berkendaranya, meskipun MTB namun bisa diajak lari di jalan raya.

 


 

Tinggalkan Balasan