Ukuran Sepeda Oversize, Begini Solusinya

Untuk kenyamanan memilih sepeda gowes memang disarankan harus pas dengan ukuran badan. Di toko sepeda ternama, biasanya sudah disediakan tabel ukuran sepeda. 

Ukuran sepeda roadbike ini mempertimbangkan tinggi badan dan panjang kaki. Sepeda jenis roadbike ukuranya cukup bervariasi. Mulai dari 47/48, 50, 53 dan 55. Ada juga produsen sepeda yang nulisnya memakai huruf XS, S, M, L dan XL

Untuk sepeda MTB ukuran yang tersedia 16, 18 dan 20 atau biasa disebut S M dan L

Lha terus begimana kalau sepeda yang dibeli ternyata oversize? Biasanya ini terjadi pada para pemburu janda, eh sepeda bekas. 

Karena melihat barang yg mulus kinyis kinyis seperti baru, lalu segera dibeli. Biar nyaman tentunya perlu modifikasi penggantian stem. 

Misal strattos s2 milik mimin. Karena size-nya 53 sedang mimin harusnya cukup ukuran 50, maka ya ganti stem ajalah. Stem standarnya ukuran 100mm saya ganti pakai ukuran 50mm. Kisaran harga sekitar 120rb, tapi klo di toko-toko online bisa tembus di atas 200rb. :mrgreen:


Berikut ini foto sebelum dan sesudah penggantian stem.


Beda panjangnya cukup lumayan, 

Sekarang sudah cukup nyaman. Sebenarnya soal kenyamanan itu juga tergantung pada kebiasaan. Jika terbiasa maka ya pasti bisa nyaman. 

Sekian dulu tips gowes dari pemula :mrgreen:

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan