Bertemu Dahlan Iskan, Jokowi Bahas Mobil Listrik Nasional

Joko Widodo Presiden mengatakan, inovasi seperti mobil listrik perlu didukung untuk menjadi industri otomotif.
“Jadi prototipe yang benar dan bisa diindustrikan. Sehingga kalau negara lain bisa membuat, kita juga bisa membuat,” ujarnya usai menyampaikan pengarahan di Graha Pena, Minggu (8/10/2017).

Presiden yang akrab disapa Jokowi ini mensyaratkan, brand atau mereknya harus merek dalam negeri.

“Dengan catatan, itu brand dan prinsipal kita sendiri. Karena ke depan pertarungannya saya pastikan di mobil listrik,” kata Presiden.

Hanya saja, Jokowi mengaku belum kepikiran untuk mendukung industri mobil listrik ini dengan mendorong pembuatan pabrik.


“Saya belum sampai ke pemikiran itu. Nanti, saya bicara-bicara banyak lah dengan pak Dahlan. Dan menteri perindustrian,” ujarnya.

Sebelum ke lantai empat Graha Pena, lokasi acara “Pengarahan Presiden RI menyikapi Transformasi Media di Era Digital” Jokowi sempat melihat dan mengamati beberapa inovasi karya anak negeri di halaman.

Baik Mobil listrik Selo karya Ricky Elson dan tim Kupu-kupu Malam, Yogyakarta; motor listrik TakeRun rakitan siswa SMK Takeran, Magetan; juga motor listrik DI Molik, karya bersama Dahlan Iskan, Duta Jaya Mobil, dan Himpunan Bengkel Binaan YDBA Jawa Timur.


Ada pula sepeda motor Gesits, karya Institut teknologi sepuluh Nopember (ITS) yang sudah mulai diproduksi secara masal.(sumber: suarasurabaya.net)

2 Komentar

Tinggalkan Balasan