Royal Enfield Kenalkan Mesin 650Cc 2 Silinder Terbaru

Pabrikan motor klasik asal Inggris yang berpusat di India, Royal Enfield mengenalkan mesin baru dengan spesifikasi 650cc dua silinder paralel berpendingin udara. Ini adalah kali pertama pabrikan ini itu menpunyai mesin dua silinder.

Disebutkan, mesin ini dikembangkan oleh tim Pusat Teknologi Royal Enfield di Inggris dan Chennai, India. Dikenalkan di markas riset baru mereka di Pusat Teknologi terbarunya di Leicestershire, Inggris.

Dalam press rilisnya, maksud dibalik hadirnya mesin dua silinder 650cc ini adalah untuk mengembangkan platform mesin global yang dapat membawa sejarah dan karakter asli Royal Enfield ke dalam konteks yang lebih modern.


Royal Enfield menyebut, mesin ini dirancang secara khusus agar dapat memberikan keseimbangan antara daya, torsi dan fungsi sehingga dapat menawarkan pengalaman berkendara yang halus dan tidak ‘mengintimidasi’ mungkin maksudnya untuk mengurangi getaran yang selama ini jadi ciri khas Royal Enfield.

Untuk diketahui, mesin berkapasitas 650 cc dua silinder paralel 4 langkah (4-Tak), single overhead cam (SOHC), dan berpendingin udara ini mampu menyeburkan daya 47,6 Tk dengan torsi puncak 52 Nm.

Mesin ini telah menjalani serangkaian uji coba mulai dari trek balap, jalanan umum hingga laboraturium. Sayangnya, Royal Enfield belum memaparkan model mana yang akan menggunakan mesin anyar ini.

Spesifikasi Mesin


Tipe: 4 langkah, 270 derajat crank, single overhead cam (SOHC), pendinginan udara & oli, 648cc parallel twin (dua silinder)

Daya maksimum: 47 Tk @ 7100rpm
Torsi: 52Nm @ 4000rpm
Diameter x langkah: 78mm x 67.8mm
Rasio Kompresi: 9.5:1
Transmisi: 6 percepatan
Sistem Bahan Bakar: Injeksi Bahan Bakar
Ignition: Digital spark ignition – TCI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan