Honda CRF150L Resmi Diluncurkan Dengan Harga 31Jutaan

PT. Astra Honda Motor Indonesia (AHM) selaku produsen motor Honda di Indonesia akhirnya resmi meluncurkan Honda CRF150L, motor enduro yang sebelumnya banyak tampil di even-even pameran Honda dalam bentuk motor konsep.

Tentu ini kabar gembira bagi yang hobi motortrail, selama ini motor-motor trail kelas 150 banyak yang ngeluh tentang mesin, mulai dari kampas kopling yang mudah habis, torsi yang kurang nendang dll …. lalu sebagai solusi mereka melakukan modifikasi dengan mencomot part motor Honda GL untuk dipasangkan di mesin motor Honda tersebut atau bahkan banyak yang mengganti mesinya utuh punya Honda GL, terutama yang favorit biasanya mesin New Megapro. Untuk buktinya bisa klik artikel R2B berikut ini.

Baca juga: Bukti banyak mesin motor trail yang dimodif memakai mesin Honda Megapro

Nahh sekarang mereka gak perlu lagi memodif motornya dengan mesin Honda, karena Honda sudah ngasih motor utuh sak glundung. Pakek mesin GL juga lahh yang sudah teruji di medan trail.
Dalam jajaran produk Honda, seri CRF sudah sama melegendanya dengan seri CBR. CRF sendiri singkatan dari Complete Race Fighter ada juga yang bilang Cross Ready For … lah embuhlahh.

Sebelum meluncurkan yang 150cc, AHM sudah memasarkan Honda CRF250 Afrika Twin dan CRF1000.

All New Honda CRF150L tampil dengan styling fungsional yang tajam dan tangguh. Bahkan diklaim jika CRF ini sudah ready for competision, sudah siap diajak langsung berkompetisi di arena grass trakk.

L pada CRF150L artinya adalah Liscenced, jadi motor ini legal road, siap dipacu di jalan dan arena trabas. Apakah kedepanya Honda akan menjual motor ini dengan status tanpa STNK seperti kompetitor? entahlahh

Motor ini dijual dengan harga Rp31,8 juta on the road Jakarta, untuk nyampek ke daerah berarti bisa tembus di atas 32 juta yaa, karena ditamba ongkos kirim dan pajak motor yang tiap daerah berbeda-beda.

Model ini hadir dengan konsep compact headlight di bagian depan yang membentuk sudut tajam, memperkuat kesan fearless menaklukan setiap medan.

Untuk suspensi depan sudah mengadopsi sistem Up Side Down dengan ukuran terbesar di kelasnya. Ukuran diameter pipanya 37mm dan panjang stroke 225mm. Sedangkan suspensi belakang menggunakan suspensi sistem Pro-link untuk memberikan jarak main (travel axle) 210mm demi pengendalian terbaik dan stabil di berbagai kondisi medan.

Lingkar ban depan 21″ dan ban belakang 18″. Untuk rajawalinya (swing armnya) memakai material alumunium yang ringan tapi tetap kokoh. Sistem pengereman juga sudah dual cakram tipe Wavy Disc Brake ukuran 240mm di roda depan dan 220mm di roda belakang.

Mesin Honda CRF150L memakai kode GL

Mesinya mengadopsi mesin GL150cc warisan Megapro dan Verza. Mesin ini diklaim bisa mengeluarkan tenaga 12,7 daya kuda (dk) pada 8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm pada 6.500 rpm. Soal mileage juga lumayan, menurut tes di pabriknya, dengan metoe ECE R40, konsumsi BBM motor ini bisa menembus 43,03 km/liter dengan metode EURO 2 dan 39,3 km/liter dengan metode EURO 3.  Kapasitas tangki bensin 7,2 liter.

Di bagian ekor, All New Honda CRF150L memiliki New Taillight berdesain lampu tajam, sporty dan kompak untuk menampilkan kesan agresif.

Yang menarik adalah panel speedometer yang sudah full digital dengan tampilan yang simpel. Tidak banyak angka-angka tulisan seperti kalkulator. Langsung menampilkan kecepatan dan informasi jumlah BBM.


“Saat ini gaya hidup konsumen sangat beragam dan kecenderungan motor sebagai sarana penyaluran hobi di Indonesia mengalami peningkatan.  Model ini telah lama ditunggu oleh pencinta motor on-off sport di Tanah Air,” kata Executive Vice President Director AHM Johannes Loman, di Jakarta, 9 November 2017 saat launching.

Nah apakah anda termasuk orang yang menanti motor ini?  Honda sendiri menargetkan All New Honda CRF150L dapat terjual 35 ribu unit per tahun.

Selain itu Honda juga menyediakan berbagai spare part pendukung yang bisa mempercantik tampilan motor ini, ada 4 yang disediakan, Heat Guard, Skid Plate, Bar Pad dan Rear Rack.

Sedangkan pilihan warna, baru satu yang disediakan AHM, Extrem Red. Kayaknya sih ini tes pasar saja, jika nanti laris manis, pasti bakal dibanyakin warnanya. Karena kompetitor juga banyak pilihan warnanya.


Extreme REd Honda CRF150L

Berikut ini spek lengkap Honda CRF150L.

Dimensi :

Panjang X Lebar X Tinggi : 2.119 X 793 X 1.153 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.375 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 285 mm
Jarak Tempat Duduk : 869 mm
Berat Kosong : 122 kg
Kapasitas Tanki Bahan Bakar : 7.2 L

Mesin:

Tipe Mesin : 4-Langkah, SOHC, Satu Silinder
Tipe Pendinginan : Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Volume Langkah : 149.15 cm3
Diameter X Langkah : 57.3 x 57.8 mm
Perbandingan Kompresi : 9.5:1
Daya Maksimum : 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm
Torsi Maksimum : 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm
Tipe Transmisi : 5-Speed
Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Tipe Starter : Pedal dan Elektrik
Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch
Tipe Minyak Pelumas : Basah
Kapasitas Minyak Pelumas : 1.0 Liter (Penggantian periodik)

Rangka

Tipe Rangka : Semi Double Cradle
Jenis Velg : Aluminium
Ukuran Ban Depan : 2.75 – 21 45P (Ban Dalam)
Ukuran Ban Belakang : 4.1 – 18 59P (Ban Dalam)
Rem Depan : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 240 mm)
Rem Belakang : Cakram Hidrolik (Wavy Disc, 220 mm)
Tipe Suspensi Depan : Inverted Telescopic Front Suspension (Diameter 37 mm & Stroke 225 mm)
Tipe Suspensi Belakang : Monosuspension with Pro-Link Suspension System (Axle Travel 207 mm)

Kelistrikan

Sistem Pengapian : Full Transisterized
Tipe Baterai/Aki : MF Wet 12 V 5 Ah
Tipe Busi : NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Tinggalkan Balasan