Honda CRF150L Bernasib Seperti Yamaha Xabre Dibully Sana Sini

Honda CRF150 mengguncang dunia otomotif, ada yang menyambut antusias terutama penghobi motor trail yang selama ini sering dipusingkan dengan masalah kampas kopling di motor 150cc pabrikan pesaing yang memang boros dan memaksa user untuk ngakalin dengan mangkok kopling Honda GL.

Namun ada juga yang kontra karena CRF150L hanya memakai mesin Verza. Nah yang kontra ini sebagian besar bukan kalangan trill atau penghobi trabas, sekedar penikmat jalan-jalan sore saja. Namun ada juga yang berpendapat bahwa CRF150 harusnya memakai mesin CBR150. Entahlah kenapa golongan ini juga tidak pernah komplen soal mesin KLX yang dari jaman lahir gak pernah berubah …

Yang ketiga, malah kalangan yang menilai bahwa motor trail harusnya cukup karburator saja sistem pengapiianya, bukan injeksi, entar mogok karena aki-nya soak kan susah.

Manapun pendapat yang anda dukung di atas, monggo saja.


Masalah yang dihadapi oleh Honda CRF150L ini mirip dengan Yamaha Xabre. Motor ini ketika lahir dan dijual dengan harga lebih mahal dari Vixion juga langsung dikritisi, dijompa jampi “overpice” hanya modal Up Side Down aja kok harganya mahal bingit  … sampai 30 juta padahal mesin sama persis dengan Yamaha Vixion yang dibandrol 26 jutaa.

Bahkan sempat ada “hoax” klo harga shockdepanya yang upsidedown harganya mencapai 15 jutaan

Walhasil, Yamaha Xabre pun menjadi kurang laris. Nah apakah Honda CRF150L yang lagi banyak didengungkan overpriced akan mengalami nasib yang sama dengan Yamaha Xabre?

Padahal sebenarnya, jika dikuliti kasus Honda CRF150L dengan Yamaha Xabre beda jauh.

Xabre dan Vixion menggunakan mesin dan frame rangka yang sama.

Sedang antara Honda CRF150L dan Verza, hanya mesin saja yang identik sama. Sedangkan yang lainya beda 100% Frame rangka CRF150L memakai model motorcross bukan model diamond seperti Honda Verza. Perbedaan lainya di bagian swingarm (supit udang/rajawali), Verza masih memakai bahan besi sedangkan CRF150L memakai bahan aluminium.  Ukuran Ban dan velg jelas beda, bahkan tutup pentilnya juga beda.

Maka wajar jika Honda CRF150L lebih dari Honda Verza meskipun memakai mesin yang sama. Honda Verza saat ini dibandrol kisaran harga 20 jutaan. Selisih 10juta lebih dengan Honda CRF150L yang dibandrol 31jutaan.

Nah keputusan di tangan anda, membeli motor trail yang sudah jadi seperti CRF150L ini?
atau membeli kompetitor yang mudah ambyar koplingnya lalu terpaksa bak koling diganti merek Honda?
atau membangun sendiri?


Berikut ini Vlog video bukti banyak motor trail yang diganti bak koplingnya dengan Honda

 

 

 

5 Komentar

  1. Hihihi yah gmana bro, ga berasa tangguhnya, tampang doang dipoles, mesinnya tetap sekelas verza. Fansboynya kan paling menghina SOHC, sekarang kualat

  2. Ngutip “Hasil tes dyno

    New Vixion
    Power : 14,17 HP @8500RPM
    Torsi : 12,76 Nm@7000RPM

    Yamaha Xabre
    Power : 14,52 HP@8500RPM
    Torsi : 13,15 Nm@7200RPM

    Vixion 5 speed, Xabre 6 speed” (iwanbanaran.com)

    Jadi mesin xabre ama vixion sama ngga? 😂

Tinggalkan Balasan