6 Rekor Baru Marquez Setelah Juara Dunia MotoGP 2017

Stastistik Rekor Marquez setelah juara MotoGP 2017. Gambar: HRC

Pembalap satu ini memang bener-bener seorang Gladiator eh Matador, karena Gladiator penyabung nyawa asal dari Italia kalau Matador dari Spanyol. Orang-orang Spanyol memang identik dengan budaya menyabung nyawa melawan banteng di jalanan dan arena.

Khusus buat Marquez, mental petarung bisa dilihat fakta musim ini,  bahwa dia adalah pembalap MotoGP yang paling banyak jatuh sepanjang musim  MotoGP 2017, Marquez tercatat 27 kali jatuh baik saat balapan, sasi latihan sampai kualifikasi. Anehnya, tak pernah sekali pun Marquez mengalami cedera. Itu mengapa ia tak pernah melewatkan semua balapan musim ini.

Gaya balap Marquez mengingatkan saya pada gaya balap pembalap MotoGP asal Jepang yang selalu out of limit dengan resiko siap ndlossorr asalkan tampil maksimal.

Dan mungkin itu sebabnya para pembalap asal Jepang banyak yang tidak panjang umur (baca: meninggal dalam kecelakaan). Kali terakhir pembalap Jepang tampil full di MotoGP adalah Hiroshi Aoyama tahun 2015 yang hanya nunggang Motor Honda RCV1000 bersama tim M7 Aspar, sedangkan sebelumnya ada legenda Daijiro Kato yang meninggal karena kecelakaan.


Backk to topik …..  semoga saja semangat Marquez yang selalu poll-pollan gak senasib dengan para almarhum pembalap-pembalap Jepang seperti Daijiro Kato, Norick Abe, Shoya Tomizawa,


Berikut 6 rekor baru yang dipegang Marquez setelah berhasil menjadi juara dunia 2017 seperti dilansir motorsport.com :

  1. Marquez adalah pembalap termuda yang memenangi empat gelar juara dunia Kejuaraan Dunia, pada usia 24 tahun 254 hari, memecahkan rekor Mike Hailwood, yang berusia 25 tahun 107 hari saat merebut gelar keempat kelas 500cc pada 1965.
  2. Marquez juga merupakan pembalap termuda sepanjang masa dengan enam gelar juara, memecahkan rekor Valentino Rossi yang berusia 25 tahun 244 hari, ketika The Doctor meraih titel keenam pada 2004.
  3. Ini adalah gelar keenam dunia di semua kelas untuk Marquez (4 x MotoGP, 1 x Moto2, 1 x 125cc). Satu-satunya pembalap Spanyol dengan lebih banyak titel dari Marquez adalah Angel Nieto, yang memenangi 13 gelar juara dunia (7 x 125cc, 6 x 50cc).
  4. Marquez telah berada di puncak podium pada lima atau lebih kesempatan selama delapan musim terakhir di berbagai kelas Grand Prix, sesuatu yang dicapai sebelumnya oleh hanya satu pembalap lain dalam sejarah 69 tahun balap GP, yakni Giacomo Agostini.
  5. Inilah gelar keempat MotoGP bagi pembalap yang mengendarai Honda. Satu-satunya pebalap yang telah memenangi lebih banyak titel kelas premier, dan dengan mengendarai Honda adalah Mick Doohan, lima kali juara dunia 500cc.
  6. Selama 2017, Marquez mengoleksi podium lebih banyak dibandingkan pebalap lainnya di kelas MotoGP (12) dan pole position terbanyak (delapan). Ia juga menyamai jumlah kemenangan yang dicetak Andrea Dovizioso (masing-masing enam kali).

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan