Daihatsu Terios 2018 Meluncur Menyusul Toyota Rush 2018

Daihatsu Terios versi terbaru 2018 akhirnya diluncurkan menyusul kembaranya Toyota Rush. Versi terbaru yang baru bisa dibeli pada Januari 2018 ini benar-benar mengusung desain yang 100% baru. Di model yang baru ini, Terios sudah tidak lagi menggendong ban belakang di bagian ekornya atau yang biasa disebut konde.

Sekilas sih penampakan dari Daihatsu Terios 2018 ini sangat identik dengan Toyota Rush 2018. Namun jika diperhatikan secara detil, ya ada bedanya lah.  Lampu utama dari Daihatsu Terios ini memiliki bentuk kotak  yang sedikit lebih besar dibandingkan kembaranya.

Ya boleh dibilang, malah meneruskan tradisi kalau Terios lebih sedikit ganteng dibandingkan Toyota Rush, walaupun itu yaa sekalii lagii menurut selera lahh. Namun eksyen garis body plastik hitam di Terios memang membuatnya tampak eksklusif menjadi dual tone colour. 

Tampilan Daihatsu Terios terbaru ini tampak stylist dan gagah meskipun menurut beberapa orang kurang sporty. Namun garis desainya yang mirip dengan SUV Premium seperti Fortuner dan Honda CRV, cukup menunjang sebagai mobil buat yang berjiwa petualang.

SUV ini juga dilengkapi fitur keselamatan, seperti anti lock brake system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA). Sedangkan interior bagian dalamnya cukup komplet fitur hiburan dan multimedianya. Yaitu: Audio System dengan layar 7 inch, DVD, Bluetooth, USB, Ipod, Phone, web-link, Smarphone Remote Aplications, 13 cup holder, lingkar kemudi model three spoke, dasbor 2 warna, double blower ac, All Seat Belt dan masih banyak lagi.

Di bagian lingkar kemudi terdapat tombol pengatur audio dan penerima telpon. Setiap baris punya colokan charger, AC-nya sudah digital, ada tombol start/stop , kamera parkir 360 derajat dan panduan GPS.

Terios baru ini dibekali sistem keselamatan yang mumpuni. Terdapat Vehicle Stability Control (VSC), Anti-Brake System (ABS), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS) dan Electronics Brake Force Distreibution (EBD).

Dapur pacu Daihatsu Terios menggunakan mesin yang sama seperti Toyota Avanza, mesin berkode 2NR VE, DOHC dual VVTI, 4 silinder berkapasitas 1.498 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 102 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 13.9 kg.m pada 4.200 rpm.

Secara dimensi, All New Terios terbaru ini punya panjang 4.385 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Sedang jarak sumbu roda 2.685 mm dan ground clearence 220 mm. Untuk bagian kaki, menggunakan velg berukuran 17 inch dengan ban Bridgestone. Tampak gagak dan tidak murahan.

Yang mengundang kritik adalah soal fitur keselamatan penumpang. Semua kursi penumpang memang sudah dilengkapi sabuk keselamatan. Namun untuk airbag, hanya terdapat 2 buah airbag saja ini beda dengan Rush yang punya 6 airbag.


Tampang bagian depan juga lebih ganteng dengan perubahan pada gril dan bemper. Gril kini lebih lebar dan menyatu dengan lampu utama.

Meski sudah resmi diluncurkan dan diperkenalkan pada publik, Daihatsu All New Terios rupanya belum ditetapkan soal harga. Sebaliknya harga baru akan diumumkan pada Januari 2018 mendatang.


“Belum final harganya karena tahun depan akan ada harganya masih tunggu tarif pajak, tapi kisaranya sih berbeda Rp 3-4 juta dari model yang saat ini masih ada,” ungkap Deputy Chief Execurive PT Astra Interational Daihatsu Salea Operation Tbk, Supranoto.

Dia juga menyatakan bahwa konsumen bisa melakukan pemesanan saat ini juga, meskipun harga belum diumumkan. Adapun uang tanda jadi biasa dilakukan antara Rp 5 jutaan. Supranoto menyatakan bahwa Daihatsu All New Terios ini akan ditargetkan terjual hingga 2.000 unit per bulan.

 

 

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan