Selfie Di Depan Korban Kecelakaan, Bisa Kena Penjara 3 Bulan

Sebagai sesama pengguna jalan, hendaknya saling tolong menolong. Terutama jika ada kejadian kecelakaan lalu lintas. Ini bukan hanya tentang rasa perikemanusiaan, namun dalam undang-undang ternyata sudah diatur, bahwa jika ada orang yang enggan menolong korban kecelakaan, bisa dihukum 3 tahun.

Terutama yang jika ada kecelakaan lha kok malah foto-foto selfie tanpa menolong korban. Jika korban sampai meninggal bbisa dihukum 3 bulan penjara menurut KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana).

Aturan tersebut telah tertulis secara jelas dalam Undang-undang dengan ancaman 3 bulan penjara. Pasal 531 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) diungkapkan kewajiban menolong orang yang membutuhkan pertolongan.

Berikut bunyi pasal tersebut;

Barangsiapa menyaksikan sendiri ada orang di dalam keadaan bahaya maut, lalai memberikan atau mengadakan pertolongan kepadanya sedang pertolongan itu dapat diberikannya atau diadakannya dengan tidak mengkhawatirkan, bahwa ia sendiri atau orang lain akan kena bahaya, dihukum kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp 4.500,- Jika orang yang perlu ditolong itu mati.


Selfie atau foto-foto di korban kecelakaan bisa-bisa dicurigai sebagai tindakan yang mengabaikan atau tidak memberikan pertolongan pertama.

Namun yang penting untuk diketahui, pasal tersebut juga diberikan catatan.

Apabila seseorang hendak memberikan pertolongan, baiknya ia menyadari bahwa tindakan tersebut tidak membahayakan dirinya dan korban.

Misalnya, jika penolong merasa tak memiliki kemampuan medis atau pengetahuan pertolongan pertama pada korban kecelakaan, ia dapat meminta bantuan pada orang lain yang dianggap bisa membantu seperti menelepon petugas medis atau kepolisian.


Untuk mencari pertolongan secepatnya, tidak usah bingung nyari nomor telepon rumah sakit terdekat atau kantor polisi terdekat, cukup pencet hubungi nomor darurat 119 untuk mendapat bantuan petugas dan melaporkan kepada petugas atau bila memiliki keterampilan pertolongan pertama pada kecelakaan dapat mengevakuasi korban.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan