Bikin Ngantuk, Alasan Bos-Bos MotoGP Menolak Balapan Motor Listrik

Mobil Formula E. Foto: fiaformulae.com

Di balapan roda empat atau mobil, sudah ada Formula E, yaitu semacam balapan F-1 mobil-mobil listrik. Formula-E sendiri sudah bergulir 4 musim sampai saat ini. Di musim ke 4 ini, makin banyak tim yang bergabung dan cukup sukses secara komersil.

Untuk musim 2017-2018, yang telah dimulai di awal desember 2017 di Hong Kong Central Harbourfront Circuit, akan ada 13 seri balapan dengan 10 tim. Padahal di edisi pertamax cuma ada 11 race dan 10 tuan rumah saja dengan pembalap model kontrak di tiap tuan rumah berganti pembalap.

nah kesuksesan Formula E secara komersil ini ternyata ditanggapin dingin oleh Bos-bos tim MotoGP Dari tim dari Honda, Ducati, Yamaha, Suzuki, KTM, dan Aprilia, saat ada wacana, begimana jika nanti ada MotoGP E.

Rupanya mereka kompak kalau balapan motor listrik akan bikin ngantuk dan bosan penonton. Karena gak ada suara kenalpot.

 

 

“Jika ada balapan motor listrik, itu tidak masalah. Namun umur saya yang 53 tahun ini, pastinya akan merindukan suara mesin motor MotoGP. Tetapi ini pendapat pribadi saya,” jelas mantan bos Honda MotoGP, Livio Suppo sebelum mengumumkan kepergiannya dari tim itu seperti ane kutip dari Crash (16/12/2017)

Project Director Ducati MotoGP Paolo Ciabatti juga ngaminin sob “Usiaku 60 tahun. Adanya balap motor listrik akan menjadi hal buruk bagiku. Ciri khas motor MotoGP adalah suara kenalpotnya,” kata Paulo.

Sedangkan Director KTM Motorsport Pit Beirer.  Suara mesin dari MotoGP sangat fantastis dan ngangenin, itu yang bikin orang ketagihan nonton langsung di sirkuit.

“Saya harap MotoGP masih belum beralih ke balapan motor listrik. Sampai 15 tahun ke depan pun, gak ada peluang motor MotoGP jadi listrik,” ujarnya

Kata Beirer, motor listrik bakalan memiliki pasar dan pencintanya sendiri, sehingga itu tidak akan mempengaruhi balapan-balapan motor yang sudah ada saat ini.


“Pengembangan motor listrik masih akan terus berlanjut. Akan ada motor-motor fantastis di masa depan. Motor listrik akan sering kita lihat di jalanan-jalanan kota tetapi belum bisa merebut hati para pecinta motor bermesin bensin,” sambungnya.

Sementara Team Manager Suzuki Davide Brivio, adanya balapan sepeda motor listrik tentunya dianggap hal lumrah.


“Kami melihat balap mobil sudah mulai beralih ke mesin listrik dan terjadi begitu cepat. Motor seperti itu. Jadi saya pikir lumrah saja Dorna mulai mempertimbangkan untuk menggelar balapan motor listrik,” tuturnya.

Ya mungkin saja caranya dengan diberi klakson yang mirip suara knalpot. Jadi saat melintasi podium, pembalap wajib tekan tombol klakson biar whueenggg….

 

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan