Resmikan Tol Mojokerto, Jokowi Gunakan Mobil Listrik Buatan ITS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal purwarupa mobil listrik karya mahasiswa-mahasiswa Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Ezzy II, mobil listrik ini, bertenaga baterai 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 kilometer.
Jokowi menumpang mobik tersebut saat mencoba ruas tol baru, Jalan Tol Surabaya Mojokerto pada ruas Sepanjang – Krian yang diresmikanya kemarin. Ruas Jalan tol yang dicobanya sepanjang 15,47 kilometer dari total panjang Jalan Tol Surabaya-Mojokerto 34,05 kilometer yang sudah tuntas.

Didampingi tim teknis dari ITS, Jokowi menduduki kursi bagian depan mobil listrik yang dicat dominasi warna merah itu. Mobil lalu berkeliling dan 10 menit kemudian baru keluar lagi dari pintu tol Warugunung.

Jokowi mengapresiasi produk mobil listrik ITS tersebut. “Saya belum bisa banyak mengomentari, kan masih mencoba 20 kilometer saja,” tutur Jokowi

Jokowi hanya merasakan goncangan mobil saat pengemudi memindahkan persneling untuk menuju kecepatan lebih tinggi. “Tadi pas waktu pindah gigi masih gleg..gleg,” ujarnya.


Pemerintah, sambung dia, akan mendorong apapun produk dalam negeri, untuk bisa diproduksi secara massal dan diakses pasar. “Memang prosesnya lama dan sulit, tapi pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri,” ujarnya seperti dilansir kompas.com

Siip okelah pak. Yang paling dekat adalah motor listrik nasional si Gesits. Semoga aja nanti ada intensif pajak agar harga bisa lebih murah.


Foto: Biro Pers Setpres

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan