Go City, Mobil Lipat Tenaga Listrik Dari Bosnia

Seorang insinyur bernama Elvis Gero, Warga Bosnia Herzegovina berhasil membuat sebuah kendaraan yang diklaim sebagai mobil lipat dan bisa menjadi solusi susahnya mencari parkir di daerah perkotaan. 
Kendaraan lipat tersebut diberi “Go City” dengan tenaga listrik sehingga ramah lingkungan. Kendaraan beroda tiga ini bisa dilipat menjadi sebuah koper. 

“Banyak di antara kita tinggal di jalan yang sempit, di kota-kota besar di mana tidak banyak ruang kosong. Jadi kapan saja kita bisa membawa kendaraan kita keluar. Kita tidak memerlukan garasi, mobil ini bisa diparkir di dalam rumah.” kata Cero seperti dilansir abc.net.au

Untuk melipat dan merangkainya, Cero mengklaim butuh proses tidak lebih dari tiga menit.

“Kita bisa membawa kendaraan ini keluar, mengendarainya ke stasiun bus, melipat lagi, naik bus, tram atau kereta, dan kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir,” jelas Cero.

Keunggulan lainya adalah soal bobot. Kendaaraan ini terbuat dari bahan  aluminium yang sangat ringan. Meskipub ringan, si GoCity bisa menggendong beban hingga seberat 100 kilogram.

Untuk bahan bakarnya, dalam sekali ces, batereinya jika penuh bisa digunakan hingga lima jam berkendara. 

“Ide ini sudah ada di kepala saya sudah lama, namun saya memutuskan membuat ketika saya mengunjungi sanak famili di Jerman.” ujar Cero.


“Saya melihat orang naik sepeda dalam berbagai kondisi cuaca, hujan, salju, panas dan angin. Jadi saya berpkir, saya harus mewujudkan ide membuat sebuah kendaraan seperti ini,” tambah pria Bosnia itu.

Untuk membuat kendaraan ini jadi nyata, Cero kemudian mengembangkan model 3D di waktu luangnya selama dua tahun.

Perusahaan tempatnya bekerja bernama Mostar membiayai model kendaraan tersebut yang dibuat menggunakan bahan yang paling murah dan paling praktis yaitu alumninium dan baja.

Perusahaan ini juga merencanakan untuk membuat kendaraan dalam jumlah besar di masa depan.

Cero memperkirakan harga kendaraan ini adalah sekitar 14 ribu dolar Australia atau setara dengan Rp 140 juta — tergantung kualitas aluminium yang ada. Harga kendaraan ini hampir sama dengan sebuah ‘scooter’ yang bisa digunakan untuk lansia.


Monggo videonya gan, di IG roda2blog

Scooter lipat listrik

A post shared by roda2blog.com (@roda2blog) on

roda2blog di sosial media

1 Trackback / Pingback

  1. Članak – RODA2BLOG – GoCity

Tinggalkan Balasan