Pagi Ngemis Malam Bisnis, Gelandangan Ini Jadi Konglomerat 

Di pagi hari, orang ini akan berangkat ke tempat mangkalnya untuk mengemis di pinggir jalan. Lalu di malam hari, uang hasilnya ngemisnya diinvestasikan dalam bisnis. Berkat usahanya kayak gitu bertahun-tahun dia bisa jadi milyarder, punya 3 istri dan 20 staff karyawan di kantornya. 
Pria tersebut bernama Chhotu Baraik dari negara bagian Jharkhan, India. Sosoknya menjadi terkenal saat seorang netizen menemukan kartu identitas bisnisnya di kota Chakradharpur, tempatnya mengemis dan berbisnis. 

Menurut pengakuan Chotu seperti dilansir gulfnews.com pendapatannya bisa mencapai 30.000 rupee atau Rp 6,3 juta sebulan, angka yang cukup besar di India sono. 

Sebagai perbandingan, harga sepiring sarapan “pure” hanya 1 rupe atau setara 200rupiah saja. Bandingkan dengan harga sepiring bubur yg mencapai 5000rupiah sepiring di Indonesia.


Nah, pendapatan dari mengemis, kemudian di investasikan. Dia memiliki firma investasi yang dikelola 20 orang karyawan. Dari sini, pendapatan perbulanya bisa bengkak jadi 1 juta rupee.

“Semula saya berusaha keras memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi seperti bayangan, kemiskinan terus mengikuti saya,” kata Chhotu.

“Lalu saya mulai mengemis dan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Saya kemudian menginvestasikan uang itu ke beberapa bisnis untuk mendapatkan keuntungan,” papar Chhotu lagi.

 Chhotu juga memiliki sebuah toko perabotan, dan dikelola salah satu istrinya. Chottu juga memiliki perusahaan distributor peralatan kesehatan ternama di India.


Namun, penghasilan besar tak lantas membuat Chhotu berpaling dari mengemis. Ia tetap mengemis di siang hari. Dan di sore harinya, Chhotu mulai memimpin perusahaan.
Selain mapan secara keuangan, Chhota mengaku begitu bahagia bersama ketiga istrinya yang hidup rukun. Meski kini sudah teramat mapan secara ekonomi, Chhota mengaku belum akan “pensiun” mengemis. (Sumber GRID/Gulfnews)

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan