Puluhan Mobil Mewah Milik Pejabat Bea Cukai Dihancurkan

Selasa (06/2/2018) puluhan mobil mewah digilas di hadapan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Mobil-mobil tersebut adalah milik para pejabat bea dan cukai yang melakukan pungli, penyelundupan dan korupsi. Serta mobil-mobil yang masuk ke Filipina tanpa dokumen resmi.

Aksi ini adalah bagian dari Perang anti Narkoba dan Korupsi terus dikobarkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Serta upaya membersihkan biro bea cukai negeri tersebut dari pejabat nakal.

Mobil-mobil yang dihancurkan gak gemen-gemen, sekelas Jaguar, Lexus, Corvette Stingray dan puluhan mobil mewah buatan Jerman dan Jepang digilas kendaraan berat di halaman kantor bea cukai di Manila. Totalnya ada 20 biji.

Puluhan kendaraan mewah sebagian adalah milik pejabat Bea Cukai yang korupsi serta beberapa adalah mobil selundupuan yang disita aparat bea cukai Filipina karena akan diselundupkan ke negeri itu.

Sebanyak 20 mobil mewah yang dihancurkan memiliki nilai total 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 16,2 miliar. Puluhan mobil mewah ini dihancurkan di Manila dan dua kota lainnya.


“Hancurkan semuanya hingga menjadi lempengan besi,” kata Duterte dalam pidato di hadapan para pegawai bea cukai.


Biasanya, mobil mewah selundupan ini akan disita sebelum kemudian dijual dalam lelang yang digelar pemerintah.

Biro Bea Cukai mengumpulkan pajak barang impor dan instansi menjadi salah satu yang terpenting dalam menghasilkan uang bagi negara.

Namun, di sisi lain, Bea Cukai Filipina selalu menjadi yang teratas dalam berbagai survey tentang instansi pemerintah paling korup.

Sementara itu, Kepala Biro Bea Cukai Filipina Isidro Lapena mengatakan sejak dia menjabat pada Agustus tahun lalu, dia sudah memutasi 691 dari 7.000 orang stafnya.

Dua pegawai bea cukai dipecat dan 16 lainnya dinonaktifkan terkait dugaan melakukan kegiatan ilegal.

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan