Pegang Hape Dalam Mobil, Denda 2 Juta Rupiah

Mengendarai kendaraan bermotor sambil mengoperasikan handphone atau hape adalah salah satu penyebab kecelakaan di berbagai belahan dunia, gak hanya di Indonesia.

Di Perancis sana, sebuah aturan baru diberlakukan. Ketahuan memegang hape di dalam mobil, bisa dikenai denda 135 Euro atau 2,2juta rupiah.

Aturan tersebut sangat ketat, karena saat menepi parkir dan mematikan mesin sekali pun, sopir dilarang memegang hape. Intinya, megang hape harus diluar mobil.

Langkah ini adalah upaya Perancis untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas terkait penggunaan dengan handphone saat berkendara.

Dilansir Carscoops, satu-satunya pengecualian adalah saat terjadi kecelakaan atau mobil mogok, dan pengemudi harus melakukan panggilan telepon.


Sebelumnya, di Perancis juga ada oembatasan kecepatan di jalur dua arah. Dari yang awalnya maksimal 90 km/jam, sekarang menjadi 80 km/jam.


Memang handphone kerap menjadi distraksi atau pemecah konsentrasi saat berkendara. Handphone yang semakin canggih, maka penyalahgunaan semakin beragam, mulai dari Live Facebook, selfie, dan lain sebagainya.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan