Pengalaman Pertama Trabas Pakai Honda CRF150L dan Kawasaki KLX150, Bikin Ketagihan Broo

Sabtu kemarin mimin diajakin sama Astra Motor Jogja untuk menjajal Honda CRF150L di lereng gunung merapi bareng para jurnalis media, blogger dan Vlogger. Total ada 20 peserta yang ikut di acara yang diberi judul “Fun Offroad Turing Honda CRF150L”

Setelah briefing di kantor pusat Astra Motor wilayah Jogja, kami para peserta langsung dianterin ke tempat start bumi perkemahan Wonogondang daerah cangkringan Jogja. Lokasi Lava Tour Merapi yang udah biasa jadi tempat wisata offroad.

Rutenya sih tradisional banget seperti halnya para wisatawan. Start wonogondang lalu ke tempat Batu Alien lalu ke Musium Sisa Hartaku lalu naik ke Bungker Kaliadem terus Ke kampung Mbah Maridjan kemudian pulang.

Eitt, namanya juga offroad. Pastinya tidak melewati jalan aspal gan. Dan 90% rutenya, emang gila!!!

Melintasi sungai, tambang pasir, naik turun lereng tebing, sampai kecemplung sumur.

Di even ini, karena unit motor CRF150L terbatas, hanya ada 10unit padahal peserta 20. Pihak panitia menyewa motor dari persewaan motor trail GMTC untuk yg 10nya. Yaa kebetulan aja kok yg 10 itu semuanya KLX.

Pas saya tanya, “mas, apa selain KLX gak ada merek lain? mereka Viar gitu lho”

Dijawabnya, “Viar kurang sip mas, kita persewaan motor trail di sini sudah kapok pakek merek itu”. Kalau gak percaya silahkan tanya sendiri ke sana, basecamp mereka ada di desa Kinahrejo.

Yaa mau gak mau, akhirnya kita bisa bikin perbandingan sob. Termasuk dari para pemandu penunjuk jalan.

Banyak diantara jurnalis, Blogger dan Vlogger yang keracunan pengen beli CRF150L setelah mencoba sendiri, dan merasakannya langsung.

Fun Offroad ini sendiri dibagi dalam dua etape. Di Etape pertama kelompok I memakai para wartawan memakai Honda CRF150L. Lalu di etape kedua gantian sob … kelompok II ganti memakai CRF150L dan kelompok I memakain si KLX.

Jadinya, hehehe banyak yang bisa mbandingin rasanya dan kena racun pengen beli si CRF150, termasuk para pemandu motor trail pun juga demikian.


Mereka ngakui kalau CRF150L lebih enak dan lebih nurut dikendalikan. Menurut mereka yang emang berprofesi sebagai pemandu trail, kelebihan utama CRF150L ada pada shockbreaker depan yang upside-down dan hitungan geometri rangka yang lebih mudah dikendalikan.

Menurut mereka yg expert, mesin CRF150L yang injeksi juga lebih mudah untuk hidup saat terjatuh. Gak perlu takut karbu ngompol atau kebanjiran.

Saya sendiri jatuh 3 kali. Malah sampai kecemplung sumur dan sungai bareng Honda CRF150L. Dan hebatnya, begitu berdiri, si CRF mudah dihidupkan padahal kerendem air.


Overall, ini motor memang rekomended! berikut ini videonya gan.

Video saya naik Viar Cross

Kesimpulan saya, Honda CRF150L lebih enak daripada Kawasaki KLX dan Viar Cross X.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan