7 Tips Merawat Mesin Mobil Manual Paling Jitu

photo: Your Mechanic

Tips merawat mesin mobil manual adalah hal paling penting bagi pemilik mobil. Seperti kita ketahui, mobil merupakan alat transportasi paling banyak dipakai. Bahkan kendaraan roda empat ini dijadikan sebagai kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari. Dikarenakan dipakai secara terus menerus, mobil tentu saja harus dalam kondisi prima. Supaya menjaga keadaan mobil agar tetap sehat diperlukan perawatan mobil secara maksimal.

Lalu, Bagaimana Tips Merawat Mesin Mobil Manual?

 

  1. Mengganti Oli Dengan Rutin

 

Oli termasuk komponen pendukung dengan peranan sangat penting untuk menunjang performa mobil. Agar kondisi mesin mobil Anda selalu maksimal, maka Anda perlu mengganti oli secara rutin, Adapun ketentuan untuk penggantian oli ini umumnya berbeda-beda tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Akan tetapi penggantian oli pada mobil umumnya dilakukan saat kendaraan Anda sudah menempuh jarak sekitar 3000 km – 5000 km.

Oli tak hanya berpengaruh pada performa mesin untuk mobil manual saja, tetapi juga sebagai penahan terjadinya gesekan diantara komponen mesin mobil. Dengan begitu sangat penting melakukan pergantian oli dengan berkala. Anda harus memilih oli sesuai kebutuhan mesin kendaraan Anda.

2. Melakukan Pengecekan Starter Mobil

 

 

Cobalah hidupkan kendaraan Anda, jika kendaraan roda empat Anda tak bisa distarter, bisa jadi ada kerusakan di dalamnya,. Ini bisa diakibatkan oleh kurangnya suplai udara atau bahan bakar. Adapun tips merawat mesin mobil untuk kasus ini adalah dengan memeriksa filternya dengan mencabut filter lalu membersihkan memakai sikat gigi atau kuas. Namun jika hal tersebut telah dilakukan tapi mobil masih belum menyala, Anda harus membawa mobil ke bengkel terdekat.

3. Membersihkan Filter Karburasi

 

 

Jika mesin mobil sulit dinyalakan, berarti filter karburasi mobil Anda sudah kotor. Untuk itu, Anda bisa membersihkan filter karburasi dengan mudah. Cukup memakai sikat gigi agar kerak dan kotoran yang menempel dalam filter bisa dibersihkan. Hindari pemakaian compressor atau hairdryer ketika membersihkan saringan karburasi. Sebab hal ini bisa menyebabkan terjadinya kerusakan filter karburasi kendaraan Anda.

Rajin cek radiator. Foto: metro.co.uk

4. Melakukan Pengecekan Coolant atau Cairan Radiator

 

 

Tips merawat mesin mobil manual berikutnya adalah dengan mengetahui fungsi dari radiator mobil untuk menetralkan panas yang terdapat pada mesin mobil kesayangan Anda. Dengan begitu pastikan untuk mengecek cairan radiator secara rutin. Jika air radiator mobil Anda kosong, ini bisa menyebabkan terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin mobil. Hal ini bisa menyebabkan mesin pada mobil manual pun rusak. Selain itu, air radiator yang kosong bisa membahayakan para pengemudi mobil. Maka dari itu, penting sekali melakukan pengecekan air radiator secara rutin supaya performa radiator pun tetap terjaga.

Anda bisa mengecek cairan radiator dengan melihat cairan tersebut secara langsung lewat tutup radiator. Selain itu, perlu diingat untuk tidak sesekali membuka dan menutup radiator saat mesin sedang menyala.

5. Melakukan Pengecekan Timing Belt

 

 

Timing belt adalah komponen mobil yang berperan untuk melanjutkan putaran pada roda-roda gigi ke bagian dalam mesin. JIka Anda mendengar suara bising atau dengung saat mobil dinyalakan, itu berarti terjadi kerusakan dalam timing belt-nya. Adappun kerusakan pada timing belt tersebut bisa mengakibatkan putusnya timing belt jika dibiarkan begitu saja, sehingga beberapa komponen tertentu dalam mesin mobil manual Anda pun mengalami kerusakan. Di samping itu, suplai listrik dalam akumulator tak bisa bekerja dengan maksimal.

6. Mengganti Spare Part Mobil Dengan yang Original

 

 

Jika ternyata ada kerusakan pada komponen mesin kendaraan Anda, maka Anda harus segera memperbaikinya langsung di bengkel resmi, sebab mobil akan direparasi oleh mekanik handal di bengkel tersebut. Di samping itu, jika diharuskan mengganti berbagai komponen dalam mesin mobil Anda, selalu pastikan untuk menggantinya dengan yang original agar kerusakan tidak terjadi kembali.

Perhatikan selalu kondisi knalpot. Foto: merdeka

7. Memeriksa Kondisi Knalpot


 

 

Tips merawat mesin mobil manual berikutnya adalah dengan memeriksa kondisi knalpot. Knalpot adalah komponen penting pada mobil dengan fungsi mengeluarkan emisi gas buang kendaraan. Untuk merawat mobil Anda, sebaiknya selalu cek kondisi knalpot mobil secara rutin dan pastikan tak ada sesuatu yang menyumbat pada knalpot mobil Anda, sehingga saluran pembuangan gas pada mobil pun tetap lancar.

 

  1. Pasang GPS Tracker Mobil Foxlogger

include ongkos pasang, paket data 6 bulan dengan  fitur: 

– lacak online live (live tracking)

– rekam jejak 100 hari. pernah kemana aja, parkir dmn, waktu engine on-off terekam selama 100 hari

– sadap suara dalam kabin mobil

– matiin mesin pake hp lewat sms

Contoh Pemakaian GPS Tracker Foxlogger

 

Pemakaian pribadi:

– suami lacak mobil istri

– istri lacak mobil suami

– mobil anak yg dibawa supir

– mobil anak yg baru punya sim / masi kuliah

 

Pemakaian bisnis:

– mobil rental

– uber / grab

– mobil ekspedisi

– armada delivery

– sales kantor

– mobil operasional kantor

– jasa angkutan barang

– perusahaan distribusi

 

Kelebihan Foxlogger:

– call center 24 jam live chat maupun telp

– kantor 24 jam (divisi teknis di gading serpong)

– garansi full 1 thn


– punya server dan software sendiri

– bayar bisa cod  setelah pemasangan 

– gratis langganan server selamanya

– bekerja sama resmi dgn telkomsel kartu halo. jadi signalnya terbaik di indo

– perpanjang paket data gps / pulsa murah. 300rb/6bulan atau 550rb/thn

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan