Kata Rossi: Skill Marquez Anti Jatuh Bukan Kebetulan Bejo

Musim kemarin, 2017, Marc Marquez banyak sekali melakukan aksi penyelematan saat kehilangan kontrol atas motornya. Dalam posisi seperti akan jatuh, dia dengan menakjubkan mampu mengendalikan motornya.

Yang paling fenomenal di balapan terakhir di grand final antara dirinya melawan Dovizioso. Andai dia jatuh di GP Valencia, gelar juara dunia pasti diembat Dovizioso.

Di GP Valencia, Marquez bisa selamat dari jatuh karena kehilangan traksi roda, kemudian menahannya dengan kaki, dan membuat motor berdiri kembali, sampai balapan usai.

Rossi diam-diam ternyata mengagumi skill Marquez dalam menjinakkan motor saat menjadi liar karena kehilangan traksi. The Doctor tak malu mengagumi apa yang dilakukan rival sengitnya itu, menurut dia, apa yang dilakukan Marquez bukan sebuah kebetulan.

Rossi menyebut momen lain saat Marquez mengalami kejadian yang serupa seperti pada latihan bebas pada Gran Prix Ceko 2016 dan di FP4 Malaysia 2017.

Menurut Rossi, itu adalah kombinasi dari skill dan gaya berkendara Marquez yang lalu ditunjang dengan desain motor Honda RCV213.


โ€œIni mengesankan, apa yang dia lakukan membuatnya tidak sering crash lagi. Dia melakukan banyak penyelamatan tahun lalu sehingga tidak mungkin sebuah kebetulan,โ€ ujar Rossi mengutip Motorsport.com, Rabu (28/2/2018).

“Bagi saya, dia berusaha untuk memperbaiki tekniknya, gaya berkendaranya dan itu membantunya. Saya tidak tahu apakah itu wajar atau sesuatu yang dia upayakan. Pastinya Marquez meletakkan tubuhnya di antara motor dan aspal, menggunakannya untuk tidak jatuh,” kata Rossi.

Rossi menyebutkan, kalau teknik Marquez itu hanya bisa dilakukan dengan motor Honda, kalau pakai motor lain belum tentu.


“Kurasa bukan soal elektroniknya, tapi motor itu sendiri. Honda dibuat sedemikian rupa sehingga saat roda depan dekat atau merebah dengan aspal (seperti kasus Marquez), motor masih bisa berdri kembali. Namun, kalau menggunakan motor yang kita pakai sekarang, jika ban depan sudah miring menyentuh bagian bawah (aspal) dan kita tidak bisa lagi menariknya ke atas,” kata Rossi.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

  1. Panutan memuji RCV sekaligus MM, kalo ini artikel keluar dari mbah Dukun bisa bikin geger ๐Ÿ˜‚ dan dianggap HAOX ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Tinggalkan Balasan