Mitsubishi Xpander Salip Toyota Avanza

Setelah 6 bulan, Mitsubishi Xpander akhirnya berhasil jadi low MPV terlaris mengalahkan Toyota Avanza. Menurut data Gaikindo, selama bulan Februari 2018, Xpander terjual 7.400 unit mengalahkan Avanza yang hanya terjual 6.773 unit.

Angka penjualan Xpander sendiri naik dari 7.079 di bulan Januari. Sedangkan Avanza justru turun hampir 10%, dari penjualan bulan Januari, 7.543 unit.

Tapi mimin menggaris bawahi, jangan senang dulu. Sekedar mengingatkan tentang trend sesaat Suzuki Ertiga lalu kemudian turun dan turun setelah sempat menyaingi Avanza.


Namun prestasi Xpander cukup sensasional, karena berhasil melengserkan Avanza yang selama 14 tahun terakhir jadi rajanya mobil Low MPV.

Kejayaan Xpander sendiri diramal akan bertahan cukup lama, karena menurut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), inden Xpander telah mencapai 55 ribu unit. Tingginya permintaan Xpander di dalam negeri berujung pada penundaan ekspor Xpander ke sejumlah negara. Mitsubishi lebih memilih memenuhi kebutuhan di dalam negeri.


Menurut MMKSI ekspor Xpander idealnya dimulai pada April 2018. Kendaraan yang diproduksi di Indonesia ini rencananya akan diekspor ke Filiphina, Thailand untuk tahap awal. Selanjutnya ke seluruh dunia pada tahun ini.

Kinerja Avanza yang kurang memuaskan sepanjang satu bulan terakhir diakui Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto sebagai langkah strategi Toyota menyambut Rush generasi kedua.

“Penurunan suplai WS (wholesales) untuk Avanza dilakukan bagian dari strategi TAM menjaga keseimbangan suplai dan demand di antara masing-masing produk yang ada agar setiap pelanggan memperoleh total ownership benefit yang sama di semua segmen dan produk,” kata Henry seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (12/3).

roda2blog di sosial media

3 Komentar

  1. bukan menjaga keseimbangan… boleh jadi emang kemakan sama Rush dan terutama Terios. Kalau disuruh milih Avanza Type G atau Terios X/AT? Orang waras pasti pilih Terios. Toh sama sama satu pabrik.

Tinggalkan Balasan