6 Hal Baru di MotoGP 2018

Balapan MotoGP musim 2018 akan segera dimulai akhir pekan nanti 18 maret jam 9 malam, di sirkuit Losail, Qatar. Musim ini akan ada beberapa hal baru dan yang berubah di MotoGP. Berikut ini 6 hal baru di MotoGP yang kami rangkum:

1. Thailand Jadi Tuan Rumah ke-2 di ASEAN.
Pihak Dorna sebenarnya memproyeksikan Indonesia jadi tuan rumah tahun 2018 ini. Apa daya, jatah tersebut diambil Thailand dengan Sirkuit Internasional Chang di Buriram. Sirkuit ini bisa jadi jujukan baru bagi warga Indonesia yang udah bosen ke Sepang, Malaysia. Yang paling menarik dinanti adalah UG-nya, 100% cewek atau ada yang ladyboy yaaa … patut diteliti.

2. Jumlah lap lomba dipangkas
Beberapa seri balapan MotoGP 2018 juga akan dipangkas jumlah putarannya sebagai bagian dari transisi untuk menyamaratakan durasi balapan sepanjang musim.


Ada total tujuh seri balapan kelas primer yang dikurangi jumlah putarannya. Pemangkasan satu putaran dilakukan di Austin, Prancis, Catalunya, Republik Ceko, dan San Marino. Jerez dipangkas dua lap, sedangkan Valencia tiga putaran.

3. Aturan Baru Red Flag
Dari segi regulasi, pengibaran bendera merah ketika balapan MotoGP (kelas primer) sudah berlangsung sebanyak 75% akan membuat posisi pada titik itu akan diumumkan sebagai hasil akhir.


4. Pembalap wajib pakai Airbag
Masih terkait regulasi, para rider di MotoGP 2018 juga diwajibkan untuk memakai airbag. Setiap wearpack pembalap wajib dilengkapi airbag pada MotoGP 2018. Tapi ada pengecualian buat pebalap wildcard dan pebalap pengganti.

5. Jumlah kru pitstop bertambah
Jika sebelumnya hanya dibolehkan maksimal empat orang di Pit, musim 2018 ini sitambah satu orang lagi menjadi 5 orang lima mekanik.

6. Sesi Tes Tengah Musim Dihapus
Menurut boxrepsol.com, salah satu perubahan penting dalam regulasi MotoGP 2018 adalah bahwa tak boleh ada tes yang dilakukan pada jeda musim panas. Tak diperkenankan adanya lebih dari tiga tes pribadi dari lima tes privat yang boleh dilakukan di sirkuit yang belum menggelar balapan saat musim berjalan dan itu pun harus dilakukan setidaknya 14 hari sebelum jadwal balapannya di sirkuit.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan