Kenali Kualitas Oli Dari Warnanya Saat Diganti

Penting banget buat ngecek warna oli saat ditap atau saat diganti. Oli bekas yang sudah bertugas di ruang bakar itu harus dilihat perubahan warnanya untuk mengetahui kualitas dan kondisi ruang bakar.

1. Warna Hitam
Ini artinya Oli berfungsi baik sebagai pelumas mesin. Karena mampu membersihkan partikel kotoran dalam mesin yang tercipta akibat proses pembakaran. Artinya, mesin tetap terjaga kondisinya karena bersih.

2. Warna Putih
Ini artinya ada air yang masuk ke ruang bakar, biasanya habis menerjang air banjir atau genangan air. Bisa juga karena radiator bocor jika motor menggunakan pendingin cairan.


3. Warna Bening, persis seperti baru.
Warna terakhir adalah bening atau sama seperti ketika pelumas dimasukkan ke dalam mesin. Ini berarti kualitas olinya jelek.

Warna ini menunjukkan bahwa oli pelumas yang dipakai tak memiliki kemampuan membersihkan mesin. Partikel kotoran hasil pembakaran banyak yang mengendap di dinding silinder dan piston. Lama-lama bisa ngebul tuh knalpot minta ganti ring seker dan lain lain.


Ketika pelumas bekas warnanya sama dengan pelumas yang baru dimasukkan, ini artinya oli tersebut tak punya cleanser. 80 persen pelumas terdiri atas based oil dan 20 persennya merupakan zat aditif. Aditif ini bermacam-macam, salah satunya adalah cleansing agent. Tujuannya untuk membersihkan partikel kotoran

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan