Mobil Atau Motor Parkir Ditabrak, Begini Urusan Hukumnya

Apa jadinya jika motor atau mobil yang lagi enak-enaknya parkir. Tiba-tiba ditabrak oleh kendaraan lain. Apalagi kalau yang nabrak sampai luka parah atau mati, kira-kira bagaimana nih urusanya?

Dikutip dari hukumonline, kecelakaan yang murni diakibatkan oleh pengendara lain yang menabrak mobil / motor anda yang lagi parkir maka pihak penabrak harus dimintai pertanggungjawaban. Tentunya ya harus anda pastikan kalo markir sudah di tempat yang benar.

Hal ini dikarenakan mobil atau motor Anda dalam keadaan diam dan tiba-tiba ditabrak oleh pengendara lain. Terlebih jika diduga dalam keadaan mabuk.


Jika benar bahwa si penabrak lalai apalagi mabuk saat menabrak mobil, pihak tertabrak tak berkewajiban menanggung biaya pengobatan si penabrak. Namun bila kasus ini dibawa ke pengadilan, maka hakimlah yang akan memutuskannya.


Terkait ini, pertanggungjawaban terhadap kecelakaan lalu lintas ini telah diatur dalam Pasal 234 ayat (1) UU LLAJ yang berbunyi:

“Pengemudi/pemilik kendaraan bermotor, dan/atau Perusahaan Angkutan Umum bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh Penumpang dan/atau pemilik barang dan/atau pihak ketiga karena kelalaian pengemudi”

Maka, pengendara yang merusak mobil Anda dapat dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian yang diderita oleh Anda, selama mobil Anda terparkir dengan benar di kiri jalan, dan bukan di tempat yang terlarang.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan