Tiga Pemilik Nissan Elgrand Gugat Nissan Karena Tidak Ada Ban Serep

Nissan Elgrand

Penting gak sih ban serep di mobil? jika pertanyaan ini dilontarkan ke pengguna mobil di Indonesia, maka jawabnya masih penting banget. Meskipun sekarang ukuran ban serep pada mobil-mobil baru tidak sama dengan ban yang normal.

Di Indonesia sendiri penyediaan ban serep pada mobil baru adalah hal yang wajib, bisa kena tilang polisi bro kalau ketahuan bawa mobil tapi gak bawa ban serep.

Seperti yang diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 57 mengatur, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dengan perlengkapan kendaraan bermotor. Salah satu perlengkapannya adalah ban cadangan.

Kalau tidak ada perlengkapan tersebut, ada sanksinya menurut undang-undang itu. Di Pasal 278 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling paling banyak Rp 250.000.

Namun sekarang ini, yaa namanya juga inovasi, ada beberapa pabrikan mobil yang gak menyediakan ban serep atau cadangan. Alasanya karena ban pada mobil tersebut sudah memakai jenis “run flat tire” yaitu ban yang masih dipakai meski sudah gembos bos dengan kecepatan tertentu.

Ada pula produsen mobil yang tidak menyediakan ban serep tapi malah cuma menyediakan peralatan tambal ban tubeless. Tinggal colok, beres. Anginya ditiup yaa …. hehehe


Salah satu mobil yang gak pakai ban serep adalah Nissan Elgrand. Gara-gara gak ada ban serep, 3 pemiliknya kaget dan menuntut PT Nissan Motor Indonesia (NMI).


Ketiga pemilik tersebut menganggap langkah Nissan menjual Elgrand tanpa ban serep merupakan perbuatan melawan hukum karena melanggar peraturan yang berlaku.

“Nissan Indonesia selalu mengikuti regulasi di Indonesia, itu pasti. Tentang ban serep, banyak negara sekarang menuju ke mobil tanpa ban serep. Banyak mobil di negara lain seperti di Jepang dan Eropa, mereka sudah tidak memiliki ban cadangan,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito seperti dilansir detikOto (6/6/2018).

Koito juga menyatakan bahwa penghilangan ban serep adalah biar hemat bbm juga, karena bisa mengurangi bobot mobil. Serta mengurangi biaya pembuatan mobil juga ya.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan