Ayla Gak Kuat Nanjak, Begini Komentar Daihatsu

Jalan tol fungsional Salatiga – Kartasura sedang jadi bahan diskusi viral di sosial media. Terutama adanya tanjakan yang curam yang banyak beberapa mobil gagal menanjak. Salah satunya adalah Daihatsu Ayla.

Rekaman video proses evakuasi kendaraan Ayla ini kado viral dan menimbulkan komentar netizen yg mempertanyalan kemampuan mobil LCGC ini ditanjakan.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi mengklaim, bahwa Daihatsu Ayla pada dasarnya kuat jika dikendarai di berbagai kondisi jalan tak terkecuali untuk menanjak.

“Kadang-kadang orang kita itumisunderstanding, dibilang 50 derajat, padahal engga mungkin. 40 derajat saja orang bisa jatuh saat berdiri, itu saja susah, sedangkan polisi masih berdiri santai,” ungkap Anjar seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (11/6/2018).

Mengenai faktor keamanan jalan tersebut, PT Waskita Karya Tbk sebagai kontraktor pelaksana dalam laporannya menyatakan tingkat kemiringan jalur mudik Lebaran 2018 ini adalah berkisar 10 persen, sehingga cukup aman untuk dilintasi.

Lebih lanjut Anjar menyatakan, untuk membuat jalan raya utama, pemerintah memiliki aturan tersendiri yaitu tingkat kemiringan tidak boleh melebih 9-10 derajat.

“Tapi memang kalau daerah-daerah tertentu ada saja melebihi itu karena tidak memungkinkan sehingga bisa berbeda. Tapi tidak akan jauh dari situ,” ucapnya.


Sementara itu, Anjar mengatakan, Daihatsu Ayla telah dilakukan pengujian di berbagai kondisi jalan dengan tingkat kemiringan berbeda-beda. Termasuk mengujinya di salah satu jalan di Kawasan Kamojang, Jawa Barat yang memiliki kemiringan 17 derajat.

“Kalau di kami puya alat tes tanjakan sampai 20 derajat, dan itu no problem. Memang ketikastop and go butuh keterampilan, kalau tidakstop and go yang penting ancang-ancang,” tuturnya.

Soal tanjakan, memang yang paling utama adalah skill sopirnya sob. Ditanjakan yang paling utama adalah mengail torsi mobil.


Nahh bagi sopir yang gak berpengalaman, torsi disamakan dengan menginjak gas sedalam dalamnya. Sama dalam kasus si mobil Ayla tersebut. Pada akhirnya, pak Polisi yang ambil alih kemudi, dan akhirnya sukses naik ke atas.

Jadi, kenali Torsi dan Power kendaraan.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan