CAT Teknologi Pencegah Tabrakan Sepeda Motor

Pengendara sepeda motor sangat rentan terhadap cedera saat terjadi tabrakan dengan kendaraan lainya. Utamanya karena minimnya sistem proteksi pada pemotor.

Ride Vision, sebuah perusahaan start up digital mengenalkan sebuah sistem sensor yang bisa ngasih peringatan ke pengendara motor terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Inovasi itu bernama Collision Aversion Technology atau CAT.


Sensor CAT ini adalah gabungan Artificial Intelligence dan Computer Vision dengan sensor optik yang ditanam di motor untuk mendeteksi berbagai kendaraan yang mengerubungi motor saat di jalan raya.

CAT juga dilengkapo dengan Kamera wide angle menyediakan sensor visual seluas 360 derajat. Pemotor bisa melihat tangkapan kamera melalui speedo.

Sistem akan mendeteksi kecenderungan lingkungan sekitar pemotor. Jika lingkungan sekitar seperti mobil tiba-tiba mengancam bahaya dengan bermanuver tiba-tiba, sistem memberikan peringatan kepada pengendara. Sehingga, pemotor bisa merespons lebih baik dan menghindari kecelakaan.

“Meskipun telah ada beberapa inovasi intrinsik sepeda motor, faktanya tetap bahwa sepeda motor rentan kecelakaan dan korban jiwa. Pemotor, yang perlu memiliki keterampilan mengemudi yang lebih baik daripada pengemudi mobil, harus mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan manfaat dari inovasi teknologi,” kata perusahaan itu.


Berikut ini videonya gan

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan