Berdayakan Masyarakat, Astra Motor Yogyakarta Dorong Program Lemu Bareng

Yogyakarta – Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas kembali mendorong pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat. Bertajuk Program Lemu Bareng Muntilan – Farm (PLB M-Farm), Astra Motor Yogyakarta mendorong kelompok perternak Muntilan Farm untuk lebih produktif melalui program penggemukan kambing.

Program ini dilandasai atas kebutuhan masyarakat dusun Tanjung yang sebagian besar memiliki mata pencaharian sebagai penggarap sawah yang penghasilannya bergantung pada upah sehingga membutuhkan tambahan pemasukan untuk mendorong tingkat kesejahteraannya. Program penggeemukan kambing sendiri dipilih karena memiliki beberapa keunggulan seperti perputaran modal yang cepat, produk kotoran kambing (feses) memiliki nilai ekonomi, tahan terhadap penyakit, hasil ternak mudah diserap oleh pasar, dan pakan kambing mudah didapatkan.

Kepala Wilayah Astra Motor Yogyakarta Darmawan Tjondrodihardjo mengungkapkan bahwa PLB M-Farm dijalankan dengan konsep Income Generated Activity (IGA). Harapannya program ini mampu mendorong masyarakat di dusun Tanjung untuk lebih berdaya dan sejahtera dengan adanya tambahan penghasilan disamping mata pencaharian sehari-hari.


“Astra Motor Yogyakarta berkomitmen untuk mendampingi dan mendorong masyarakat yang tergabung dalam kegiatan ini di setiap proses, dari hulu ke hilir. Sehingga program ini dapat berjalan dengan lancar, masyarakat mudah menjalankannya, produknya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan peserta program ini.”

Sebagai program jangka panjang yang berkelanjutan, PLB M-Farm dibuka pada bulan Mei 2017 lalu dan telah berjalan kurang lebih satu tahun. Dalam tahun pertama seluruh tahapn program telah dilaksanakan dengan lancar. Diawali dengan proses penandatanganan MoU antara Astra Motor Yogyakarta dengan kelompok peternak, persiapan dan pembersihan lahan, pembangunan kandang, pengadaan bibit kambing, penggemukan kambing, penjualan hasil ternak kambing, hingga evaluasi program.


Untuk semakin memaksimalkan jalannya program ini, Astra Motor Yogyakarta dan PLB M-Farm juga berkolaborasi dengan stakholder pendukung seperti tim penyuluh peternakan dan Paguyuban Peternak Domba dan Kambing DIY. Melalui kolaborasi tersebut, selain meningkatkan kualitas proses internal yang dijalankan di PLB M-Farm juga memperluas area pemasaran. Sehingga hasil ternak dari PLB M-Farm dapat diserap pasar dengan optimal.

Setelah satu tahun jalannya program PLB M-Farm tepatnya di bulan Mei 2018, anggota masyarakat dusun Tanjung yang tergabung dalam program ini rata-rata memiliki tambahan pendapatan perorangan sebesar Rp 1.000.000,- pada satu periode panen (2 pekan sekali). Kedepannya capaian tersebut masih bisa dioptimalkan dengan adanya rencana pengembangan kandang kambing penghasil susu dan aneka produk olahan, showroom kandang untuk pemenuhan kambing kurban, pusat pendidikan buat peternak pemula, hingga menjadikan M-Farm sebagai pusat rekreasi edukasi untuk pelajar PAUD, TK, dan SD.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan