Bus Sugeng Mira, Sang Pahlawan Jalanan

Jarak antara Jogja dan Surabaya membentang sejauh 350KM. Namun dua kota ini terasa dekat karena ada Perusahaan Otobus (PO) Sumber Group dan Eka-Mira yang melayani transportasi selama 24jam nonstop. Dan ini adalah satu-satunya di Indonesia, dua kota antar propinsi ada transportasi 24jam nonstop.

Di tiap interval 10menit, selama 24 jam, warga sepanjang rute Jogja-Solo-Madiun-Surabaya bisa berpergian kapanpun. Dengan bus ekonomi AC yang cukup nyaman, tarif murah meriah dan tepat waktu.

Silahkan klik disini untuk jadwal lengkapnya:

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1TS1vcz7LXGWBWoDZxwBLJ5KgPGSoKV7BTmH9l68kcZo/htmlview

Adanya bus Mira Group dan Sugeng Group ini telah menggerakkan ekonomi. Banyak warga Jogja Asli bekerja di Surabaya, yang UMR-nya lebih tinggi dan bisa pulang tiap minggu.

Banyak pula fresh graduate dari Perguruan Tinggi di Jogja yang melamar kerja di Surabaya yang merupakan kota Industri.

Warga kota sepanjang rute Jogja-Surabaya seperti Sragen, Ngawi, Madiun juga banyak yg bekerja di Solo atau Jogja dengan milih nglaju, tidak ngekos atau ngontrak. Atau warga Nganjuk, Kertosono dan Jombang yang bekerja di Surabaya pun milih nglaju.

Stigma negatif terhadap perilaku dua bus ini yang sering dicap ugal-ugalan, tidak bisa meruntuhkan penggunanya, karena memang dibutuhkan.

Lebih salut sama pengelolanya. Eka-Mira atau Sugeng Group ini selalu mengupgrade armada-nya setiap 6-7 tahun sekali. Padahal klo mau, diberi bis ompreng bobrok sekalipun tetap ada yang naik kok.


Lebih hebat lagi soal sistemnya, walaupun penumpang di dalam bis cuma 1 orang, bis akan tetap berangkat ke tempat tujuan. Gak ada istilah ngetam-ngetem nyari penumpang dulu.


Harapanya, semoga saja tol Madiun-Solo segera beroperasi. Agar beban jalan raya bisa berkurang. Dan pengguna jalan lain tidak terganggu bus bus ini.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan