Paradigma Motor 2019: Yamaha Cerah, Honda Stagnan, Suzuki Madesuuu

Tahun 2019 akan menjadi pertarungan cukup menarik bagi pabrikan motor. Ini sejalan dengan strategi Yamaha yang enggak lagi meladenin Honda face to face.

Ibarat kata, Yamaha gak lagi meladenin Honda di ring tinju, tapi menantangnya ke ring oktagon, martial mix.

Oke kita bahas one by one mas bro.

Pertama Suzuki dulu,

Pabrikan ini sama sekali gak menarik karena memakai strategi mengekor, jual murah sambil mengurangi fitur. Mirip sama strategi hape-hape lokal android yg murah meriah yang berujung susah lakunya.

Kedua Honda, terlena pada paradigma Honda Beat.

Honda sepertinya terlena pada kesukseskan Honda Beat. Ya harap dimaklumin ya gaess, Honda sendiri selama ini emang gak bisa jadi first mover di dunia otomotif.

Dengan status penguasa pasar, Honda akan menawarkan produk baru .. yang begitu-begitu saja. Hanya gonta-ganti sedikit desain .

Jangan mengharapkan sesuatu yang baru, karena selama ini Honda tidak pernah jadi First Mover yang sukses.

Yamaha, Mixed Martial Art.

Pabrikan garpusendok ini punya paradigma baru. Mereka enggak lagi mau meladenin Honda. Bikin pasar sendiri dengan membidik target konsumen mantan Honda Beat.


Jadi begini bro, Honda Beat selama ini udah jadi motor sejuta umat. Terutama untuk pemotor pemula usia SMP-SMA. Nahh saat memasuki bangku kuliah atau lulus kuliah atau udah dapat gaji yang pertama … mereka akan mencampakkan Honda Beat, ganti motor baru.


Nahh konsumen inilah yang akan melirik motor matik Yamaha terbaru dengan berbagai rasa baru. Seperti Yamaha keluarga Maxi (Nmax Lexi Aerox) atau FreeGO yang baru aja meluncur.

Yamaha sendiri selama ini telah sukses menempatkan persepsi produk matik Yamaha Maxi bukan sebagai lawan Yamaha Vario.

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. Kalo saya suka dari yamaha banyak produk baru yang gak dimiliki tetangga. Saya termasuk orang yang suka naik motor yang berbeda dari motor kebanyakan. Contoh aerox155, belum ada produk tetangga kanan kiri yang mirip dari mesin yang powerfull 4 klep + VVA body yang gagah dan fitur lumayan lengkap.

  2. Yang jelas,beat dan vario laku keras bukan karena faktor kebetulan. Tapi memang hasil daya upaya honda. Dan jika dibilang honda begitu2 saja,saya kurang sependapat.
    Coba kita lihat sama2,siapa yang pertama kali mencangkokkan side stand switch,acg starter,ISS,DC power socket,ban tembem 12 inch?

Tinggalkan Balasan