Usia Mobil Akan Dibatasi Sampai 20 Tahun Saja

Pemerintah melalui Kementrian Perendustrian berencana untuk membatasi usia mobil hanya sampai 20 tahun saja. Payung hukumnya sedang disusun.

Rencana ini diklaim juga menguntungkan industri baja. Karena mobil-mobil tua akan didaur ulang, dilebur lagi.

Menurut I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Kementerian Perindustrian, pilihan pembatasan umur mobil maksimal 20 tahun. Batasan usia ini cukup ideal di Indonesia ketimbang usia 10 tahun seperti di Singapura. “Pembatasan usia mobil sudah berlaku di beberapa negara, ini sudah menjadi tren dunia,” kata Putu seperti dikutip dari harian KONTAN, Jumat (18/12).


Namun, pembatasan usia mobil di Indonesia belum tentu bisa diberlakukan dalam waktu dekat. Sebab, pemerintah baru menindaklanjuti rencana ini tahun 2016. Rencana aturan ini harus dibahas lintas kementerian, sebab aturan pembatasan usia mobil nantinya ada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

Dari sudut kacamata industri, tak hanya industri otomotif yang untung atas rencana ini. Putu menyatakan, industri bahan baku baja juga menyambut positif rencana ini karena mendapatkan bahan baku yang bisa diolah lagi. “Jika tak ada kebijakan ini, Indonesia bisa kotor karena banyaknya mobil tua,” kata Putu.


Beberapa negara yang menerapkan aturan ini, antara lain Jepang, Amerika Serikat dan Singapura. Di Jepang, mobil tua bisa digunakan dengan pajak tinggi. “Di Indonesia, mobil usia 40 tahun masih ada di jalan raya. Seharusnya mobil itu bayar pajak lebih mahal,” kata Putu.

Jhonny Dharmawan, Wakil Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), membenarkan rencana pemerintah tersebut. Gaikindo juga telah membahas wacana ini.

Menurut Jhonny, pembatasan usia mobil setidaknya bisa mengurangi polusi dan menurunkan tingkat kecelakaan karena standar safety mobil tua yang turun. “Ini adalah kebijakan bermanfaat,” kata Jhonny kepada KONTAN, Minggu (20/12).

roda2blog di sosial media

4 Komentar

Tinggalkan Balasan