10 Titik Kamera Pengawas E-Tilang Di Kota Klaten, Tilang Langsung Ditagih Dirumah!

Akhir-akhir ini jarang ada Polantas di simpang jalan ngawasi pengguna jalan yang melanggar. Penyebabnya bukan karena polisi lagi pada kesel ato gak kerja. Mau tau kenapa ? Ya, karena sejak bulan Desember 2018 di Klaten sedang diujicobakan tilang sistem Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Program itu adalah program penegakkan hukum di jalan yang tidak lagi tergantung dengan kehadiran polisi dan masyarakat mulai dididik sadar hukum dari diri sendiri. Sistem ini mengandalkan alat modern mata ajaib bernama CCTV. CCTV tiap detik dipantau polisi dari Polres.

Jika ada pengendara yang kemaki melanggar aturan, polisi akan mengambil gambar kendaraan. Sehari kemudian nama yang tertera di STNK akan dapat surat konfirmasi. Ada waktu 4 hari untuk penerima surat menjelaskan ke polisi. Mengakui salah atau ada alasan lain.

Jika 4 hari penerima surat tak memberi penjelasan maka STNK diblokir.

Jika memberi penjelasan maka akan diberi surat tilang.

Apabila kendaraan sudah dijual ke orang lain, maka STNK diblokir agar segera balik nama. Program ini :

1. Diujicobakan sejak 21 Desember 2018 sd Januari 2019. Ada 240 pelanggaran sudah dikirimi surat. Sebagian ditilang sebab membahayakan. Sisanya disosialisasi.
2. Mulai 21 Januari 2019 program akan full diberlakukan dan tilang. Tidak ada toleransi dengan bermacam alasan.

Untuk itulah sebaiknya sederek semua mencermati hal sebagai berikut :


1. Taatilah selalu peraturan lalu lintas, sopan di jalan dan gunakan kelengkapan.

2. Lokasi yang dipantau ada 10 titik. Yaitu di pos Karang, Delanggu 2 titik, pos Al Aqsa dipasang 2 titik, simpang empat prambanan dua titik, simpang empat BAT Klaten utara ada 2, simpang empat RSI 1 dan Pasar Srago 1 titik.


Jadi waspadalah, taati aturan, dan gunakan kelengkapan. Sebab taat aturan adalah tanda orang yang syukur nikmat keselamatan. Dan syukur itu bagian dari iman.

Foto : pengecekan di KTMC Polres Klaten

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan