Vietnam Luncurkan Mobil Nasional VinFast Pekan Ini Dalam Dua Model Premium

Rakyat Vietnam akhirnya bisa bangga menepuk dadanya dengan kehadiran Mobil Nasional. Senin 17 Juni 2019, kabarnya akan jadi hari bersejarah untuk pengiriman pertamanya.

Berbeda dengan Esemka, mobil nasional Indonesia yang malu-malu Kucing. Si VinFast mobil nasional (mobnas) Vietnam ini tampil pede dan gagah di ajang Paris Motor Show 2018 dengan dua model baru yang bermain di kelas premium. Dua produk baru tersebut adalah sedan LUX A2.0 dan SUV LUX SA2.0

Diberitakan AFP, Sabtu (15/6), VinFast akan memenuhi pasar domestik Vietnam di segmen sedan dan SUV kelas menengah yang sebelumnya sudah disesaki merek asal Jepang Toyota dan Honda, serta mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford.


“Dalam waktu kurang dari 72 jam, mobil Vietnam pertama secara resmi akan terlihat di jalan-jalan Vietnam,” kata direktur Vingroup, Nguyen Viet Quanghe.


Quanghe mengatakan pihaknya telah menerima pesanan untuk 10.000 unit mobil.

Perusahaan VinFast adalah anak perusahaan dari Vingroup. Korporasi real estate terkemuka di Vietnam itu mengucurkan dana investasi miliaran dolar AS demi mengembangkan perusahaan otomotif nasional pertama di Vietnam.

Selain memenuhi pasar domestik, VinFast juga akan menjual mobilnya untuk pasar ekspor, yang besar kemungkinan ke Eropa. Perusahaan itu punya fasilitas produksi seluas 335 hektar berlokasi di kawasan industri Dinh-Vu Cat Hai Economic Zone, Haiphong, Vietnam utara yang mulai dirikan pada awal September 2017.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc berharap kendaraan itu bisa membantu Vietnam membangkitkan industri otomotif lokal, yang mampu bersaing dengan merek mobil Jepang dan Jerman.

Toyota yang memproduksi mobil di Indonesia juga menjadikan Vietnam sebagai negara tujuan ekspor untuk kendaraan model Fortuner, Innova. Belum termasuk Mitsubishi Xpander yang diimpor ke Vietnam dari Indonesia.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan