Bombyx Mask, Masker Anti Setress Buatan Mahasiswa Universtas Brawijaya

Masker sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pengendara motor roda dua untuk mengurangsi menghirup asap polusi. Namun masker yang satu ini beda.

Sekumpulan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang menciptakan masker mulut yang terbuat dari kokon ulat sutera, masker ini diberi nama Bombyx Mask.

Masker ini punya berbagai kelebihan, selain mencegah asap juga diklaim bisa menyembuhkan penyakit tuberkulosis atau TBC serta menghilangkan stress.

“Di dalam masker ini, kami masukkan kain filter yang terdiri dari kain PM 2.5, kokon ulat sutera dan minyak atsiri. Filter PM 2,5 berfungsi untuk memfilter partikel udara kotor berukuran PM 2,5 agar tidak masuk kedalam hidung. Partikel PM 2,5 sendiri merupakan sumber penyakit yang bertebaran di udara,” terang Andika Harahap, salah satu mahasiswa penemu masker seperti dilansir tribunnews.com, Sabtu (22/6/2019).


Ia menambahkan alasan penggunaan kokon ulat sutera sebagai bahan baku utama masker karena terdapat kandungan 80 fibroin, aktivitas antimikroba, resistensi terhadap sinar UV dan menyerap kelembaban.

Andika menuturkan setiap kemasan Bombyx Mask terdapat dua buah masker dan dua buah filter kokon ulat sutera.

Filter ulat sutera itu dilengkapi varian essential oil yang beraroma menenangkan serta meneduhkan seperti bunga mawar, jasmine, lavender, green tea, tea tree dan Vanila.

“Inovasi Bombyx Mask ini juga dapat menjadi solusi dari pencemaran lingkungan akibat masker sekali pakai serta mengatasi penyakit pernafasan,” ujarnya.


Sumber: tribunnews.com

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan