BEDAH TUNTAS TEKNOLOGI Honda VFR1200F

Baru-baru ini HMSI (Honda Motor Scooter India) ltd. meluncurkan VFR1200F. Ini adalah moge ketiga Honda yang menyambangi India setelah CBR1000RR Fireblade dan CB100R ….hiks Indonesia kapan ya?. Motor ini memiliki karakteristik dan perbedaan dibanding dua kakanya.

VFR1200F sangat mengutamakan kenyamanan , sarat teknologi, full gaya dan pastinya irriittt dong…yup ini motor emang ditujukan untuk sport-touring

KONSEP

Bayangkan…. diri Anda terbangun di pagi hari lalu berpikir tentang touring sepanjang 300 km, melewati jalan tol yang sepi yang menantang speed motor anda, lalu sampailah anda di daerah puncak dengan liukan, tanjakan, turunan sembari menikmati…. oooohhhh indahnya….dan semua anda nikmati dengan sebuah tunggangan yang gagah

yup…itulah yang coba diterjemahkan Honda ke dalam motor ini

HONDA VFR1200F emang ditujukan bagi mereka yang suka speed, nge-drift di gunung, long touring, dan gaya

ENGINE

Honda VFR1200F dilengkapi dengan 1273CC, UNICAM 76 derajat dengan pendingin cair dengan V-4 (empat silinder), empat katup per silinder mesin yang dirancang light dan compact.

pokoknya, teknologi mesin yang disematkan di motor ini, sama dengan yang di MotoGP.

Bore dan stroke-nya (81mmx 60 mm) dengan kompresi rasio 12,0: 1, mesin ini  mampu menghasilkan tenaga maksimum 127 KW (170 bhp) @ 10.000 rpm….hiks si Byson aja cuma 10KW….

torsi maksimum 129Nm pada @ 8.750 rpm 90%  dari RPM terendahnya @ 4000 rpm.

Baca Juga:   Berkencan Di Bengkel Suzuki, Wow

Dengan berat 268 kg  motor mampu menghasilkan kekuatan untuk perbandingan berat 634.33bhp/tonne.

Biar nggak bergetar macam TIGER di sini

Honda menyematkan sebuah crankshaft yang bertekno “Symmetrically Coupled Phase-shift unit”. Dengan desain Crankshaft yang memiliki “crankpin offset” 28 derajat  yang bekerja dengan  sudut V 76 derajat untuk menghilangkan getaran mesin utama. wuihhhh moga-moga NMP udah mengadopsi juga ya…hehehehe

Fitur lainnya adalah “Sealed sistem crankcase” (pertama kali pada sepeda motor) yang mempertahankan tekanan negatif  untuk meminimalkan kerugian akibat gesekan tekanan udara atau akibat mechanical pumping.

Honda juga memasukkan katup Unicam ke dalam mesin VFR1200F. Dengan menggunakan “overhead camshaft” tunggal yang langsung memicu asupan dua katup per silinder, dan mengintegrasikan lengan “rocker roller” dengan “adjuster screw” untuk memicu dua katup per silinder lainya.

advantagenya…. bisa mengurangi beban camshaft yang biasa terjadi pada mesin DOHC (Double overhead camshaft) , dan size mesin bisa lebih kecil dan ruang pembakaran dapat sangat cepat dan efisien untuk membakar….XRP juga neh kayaknya…

Transmisi Dual KOPLING

Ini dia yang ajaib …. Kopling Ganda, terserah anda mau matic atau manual…..

Di Fitur ini, Honda menaruh dua clutch terpisah di dalam gear box yang dioperasikan melalui ECU (Engine / Electronic Control Unit. Mau yang manual atau matic?….monggo kersoooo….

Tinggal klik AT  atau MT switch (AT untuk transmisi otomatis dan MT untuk transmisi manual) dan di matic…pilihanya seperti di mobil…. S / D /  N (N untuk netral, D untuk naik kondisi kota dan S untuk kondisi perjalanan touring). …andai NMP juga kayak gini ya…hehehe…ngarep.com

Baca Juga:   Suzuki Burgman 125cc Lahir Di India, Siap Masuk Ke Indonesia?


Versi transmisi manual dilengkapi dengan gear box enam kecepatan dan slipper clutch. Fitur ini biasanya digunakan pada Moto GP untuk menghindari adanya gap di mesin sementara gigi harus berubah dengan cepat.

Motor ini mengadopsi pembakaran PGM-FI (Programmed fuel injection). Ya iyalah….mosok karburator…kasian ntar antri ditempat Bensin.

Insinyur Honda juga nggak tanggung-tanggung nggarap ni motor…bahkan “pipa kentut” pun dikasih desain yang menawan…mantafff

KINERJA

hehehe… abis berbusa-busa…kita pelototin laju ni motor

Angka-angka itu tentu  cukup mengejutkan karena berat sepeda motor ini lebih  dari 270 kilogram, nice acccllerta….Kecepatan tertingginya bisa mencapai 253 km / jam menurut speedometernya….

Yang lebih mengejutkan lagi…..tentu harganya…. di Inggris £ 11.596, Eropa € 14.990, di Amerika $ 15,990 di India Rs. 2,054,000….dan kalau di Indonesia berarti Rp. 2,054,000,000 …. Milyaar Rupiah …. byoh..byoh..byoh

Ahhh tenang saja, 1% persen dari 220juta Penduduk Indonesia adalah manusia yang bisa membeli apa saja…artinya ada 2 juta orang lebih yang mampu membeli motor ini…itu berarti 10 kali lipat jumlah sheikh kaya di DUBAI dan separo jumlah penduduk Singapura….so nantikan penampakanya di Jalanan Ibu Pertiwi…hehehehe

sumber: bikeadvice.in

roda2blog di sosial media

5 Komentar

  1. Unicam berarti masih SOHC ya ? Top speed nya masih kalah dong sama motor-motor 1000cc.

    Cuman ya sip lah buat touring.

    Kalau gak salah di Suzuki Burgman 650(Matic) juga ada sistem yang mirip seperti ini, Namun dia dasarnya Matic yang bisa di-ubah percepatannya.

Tinggalkan Balasan