Bedah Yamaha Byson (1): Kondomnya tren atau blunder ya?

Saluto….salut untuk Yamaha yang berani membuat terobosan meski sangat beresiko

Yamaha Byson telah membuat terobosan untuk desain sepeda motor CKD…inget bro CKD dalam negeri. Emang sih sudah banyak aksesoris kondom untuk motor-motor sport lain, macam V-ixion.

Perbedaan kondom Byson adalah struktur tanki asli sebelum di-kondom-in. Yang bikin saya takut, setelah melihat langsung material kondom yang (kayaknya) terbuat dari fiber dan plastik….adalah persepsi Masyarakat bahwa ini motor murahan karena tangki-nya tidak terbuat dari besi….nah lho…

Apalagi setelah di bedah…tangki yang di dalam kondom strukturnya mirip dengan tangki bebek…bisa-bisa ntar terkesan menjual “desain” tapi kw-2…maaf-maaf…

Karena dari nenek moyang dulu…yang namanya motor sport tangkinya harus dari besi apalagi sering di-elus-elus, terus kalau lagi macet suka dipake “nge-drum”….kan iramanya beda besi sama kondom…

Baca Juga:   Bentuk SIM Akan Dirubah 

Yang pasti, desain Byson yang yahud, harus didukung proses promosi dan edukasi tentang kondom tadi agar tidak ada salah persepsi…sekali lagi, salut untuk terobosan Yamaha

Tapi jika motor ber-kondom pertama ini sukses…pasti akan diikuti pabrikan lain deh…dan Yamaha boleh berbangga bahwa mereka lah “the pioneer”…other only can follow…hehehe

thanks untuk bro bigpro atas katalognya…

roda2blog di sosial media

66 Komentar

  1. Hahahaaa…
    nama bro kw2 dibawa2 dlm artikel nih…

    @amamoto
    ati2 bro entar sales2nya pd mencak2 lho…
    tuh kan diatas udah nongol atu…

    heheheee…

  2. Bukan pioner kale… Ducati Monster dah duluan.. Mirip2 aja kalo dibedah. Malah ducati tangkinya juga bukan besi.. jadi terhidar dari karat yg bikin tangki gampang bocor..xixi

  3. maaf maksudnya ‘CKD dalam negeri’ bgmn mas bro?
    CKD : completi knock down atau dimasukkan secara terurai / barang import tetapi pretelan.
    Kalau dalam negeri : lokal
    CMIIW

  4. Lanjut aja nulisnya…
    Utarakan seperti seharusnya ditulis…

    Toh orang sekaliber Juragan ROndO, Jragan
    Warung Ijo dan Mbah Dukun,maih sering
    dituding miring…

    Jadi,
    Biarkan orang mengkritik….
    Artikel jalan terus

    Seperti sebelah yang dikatakan Artikel hoax oleh
    seseorang yg nggak setuju dg isi tulisan….

  5. Desain byson terinspirasi dari sosok h0nda S90Z tahun 70’s. Byson tangki dikondomin, s90Z juga udah pake kondom (plat krom). Desain tangki juga sama dari depan lancip kemudian membesar kebelakang. Garis bodynya juga sama. Lampu belakang sama-sama nempel di spatbor. Apalagi ya, sokbeker besar byson juga inspirasi dari pelindung/cover sokbeker depan s90z yang terlihat memberi kesan besar, ahahaa…

  6. Absen Perdana Pendatang baru ni.
    Sy bingung kug ini blog isi’y kbanyakn cuma mncari2 ksalahan/ kekurangan produk Yamaha trutama Byson truz y bang??
    Pdhl kn tu motor blum launching/ msh blum bnyk bredar d jalanan??
    Pdhl kn smua produk pst ada kelebihan/ kurangan’y, gx ada yg sempurna lah.
    Truz Kug artikel NMP’y lbh sdkit drpd produk2 kompetitor??
    Percuma atuwh kalo nm blog’y nmp.wordpress.com, tp isi/ pmbhasan jarang dmuat.
    Hhmm.. Knapa tah bang??
    Salam..
    Peace, Love, Unity RespecT !! 🙂

  7. @cupsslank:
    lagi maless bahas NMP…..gara-gara molor terus pengirimanya kerumah ane…ah cuma perasaan akang aja kalee….coba baca tulisan ane yang “nyesel inden New Meggy”..ups perasaan tulisan ane yg ini malah muji Byson deh

  8. Menurut gw bahan kondom besi punya resiko bocor akibat karat ( klo materialnya kualitas rendah ) , tapi tahan terhadap getaran . Sebaliknya bahan plastik lebih tahan air, tapi beresiko terhadap getaran terutama dibagian2 sambungan.
    Yang pasti pake kondom lebih aman daripada cuman pake kolor 🙂 .

  9. Owh lg pesan NMP bang, bkan’y lngsng kirim tah motor?
    Blum bayar DP x ni bang? Hahak..
    ntar dtunggu lah artikel/ pmbahasan dr pemakai’y.
    Kalo bisa mah ajak blogger laen untk mngkomparasi +/- dngan produk2 kompetitor. Kn bnyk tuh ada, NMP, MegaPro lama, Vixion, Byson, TVS Apache, Minerva R150VX.
    Jd lebih jelas/ tw kekurangan masing2 + smga lbh independent lah. *NgarepKomparasi xixixi.. 😀
    P.L.U.R. Dr nak Potlot14

  10. emang paling jago dah kalo FBH ber BC ria .. oke sekarang kita ga usah bicara aspek teknis soal kondom byson, tapi pake logika yaa,,

    1. tangki bensin byson yang tersimpan didalam kondomnya, secara logika akan membuat tangki bensin yang ada didalamnya jadi lebih safe dari perubahan cuaca seperti hujan, panas yang dapat mempercepat korosi pada metal tangki.tidak seperti tangki bensin mega pro dan tiger yang mudah bocor dan bocornya malah dari dalam lagi ! beuh ..

    2. Kondom pada tangki byson juga dapat berfungsi sebagai pelindung tangki bensin dari benturan saat rider terjatuh. jadi tangki bensin tidak akan langsung penyok, atau tangki bensin menjadi pecah. yang jelas lapisan kondomnya lah yg akan pecah duluan. yah cuma kondom mungkin harganya ga seberapa lah, malah kemungkinan akan bisa gonta-ganti casing kondom , mirip kayak hape..canggih ga tuh idenya …?

    3. Pada saat jatuh, kondom pada tangki byson akan melindungi tangki bensin yang ada didalamnya, jadi tangki bensin ga akan langsung pecah yang akan menyebabkan bensin dari dalam tangki langsung berhamburan keluar dan gesekan pada aspal beresiko memercikkan api dan membuat tangki atau motor terbakar. cant u imagine it ? ..

    lain kasus pada kebocoran tangki bensin mega pro dan tiger, jelas akan sangat berbahaya saat bensin yang menetes dari dalam tangki, memercik ke kabel busi yang bocor. apa ga mbleduk entar ? makanya wajar kalo konsumen honda bilang, sangat berbahaya ! achtung ! achtung !

  11. kykny ni artikel muji byson,,, kok di bilang BC ya??
    tapi gue setuju ma bang amamoto bahwa byson adl yg pertama kali mengaplikasi tangki berkondom di klas mid entry motor laki, jadi edukasi sangat di perlukan untuk membentuk mindset konsumen khususny yg di daerah kya gue,so ini PR… akankah tangki berkondom menjadi tren ke depany & pastinya akan bkin yamaha semakin di depan,,, ato malah jdi blunder yg bikin konsumen ada sedikit rasa takut tuk beli produk ini,,,,, time will tell laaagh,,, (minjem ma mas tri)….

  12. IMHO,,, artikel ini adl analisa bang amamoto bahwa tangki byson bisa mnjd nilai+ ato nilai- tergantung edukasi pihak yamaha. dan saran untuk memberi perhatian lebih…. no bad lah… so buat sales2 yamaha,,, FIGHTING!!!! (di korsel kata ini sakti lho,,,) he,,he,,he,,,

  13. saya rasa masyarakat udah pada melek….bahwa tangki dari bahan metal/besi yang selama ini banyak beredar dan di gunakan pada beberapa varian dari pabrikan tertentu malah sangat cepat keropos dan cepat bocor dimana-mana, dan kasus tangki metal bocor ini bukan hanya 1 atau 2 kasus, tapi sangat banyak/massal.
    justru penggunaan kondom mungkin dapat lebih melindungi tangki dari pengaruh luar yang bisa menyebabkan korosi, yang merupakan penyebab utama banyaknya kasus kebocoran.
    dan penggunaan kondom tangki dari bahan serat bukan yang pertama kali didunia…banyak varian sepedamotor yang menggunahan serat.

  14. terobosan ini pasti dimusuhin ma tukang ketok tangki cos kalo jatuh tangkinya kagak penyok2..
    jangan2 om amamoto tukang bengkel ketok magis ne hehehe…becanda om..
    tulisannya emang udah top..tapi masih terkesan sedikit berat sebelah om..hehe

  15. @Dani Ramadian
    Ane setujuh sama ente bro
    silakan kasih pendapat tapi jangan kasar dan sewot
    kalo emang ga setuju
    silakan bikin blog sendiri
    tulis dah yang bagus2 sendiri
    kekeke…

    Piss ahhh

  16. sirik sama garputala yg motor sportnya lagi bagus2nya sekarang si, sedang si sayap kepak motor sportnya geto2 mulu, ada CBR 150 yg bagus si, tp gak dianggap sama sayap kepak lokal sini, ada yg mau servis di bengkel resminya aja malah ditolak mentah2……emg dasar……

  17. motor GP aja mke kondom , justru klo mke kondo mudah di modifikasi bntuk tangki, pecah ganti, klo tangki plat besi, blom karatannya, blom bocornya, blom peotnya klo di tindihin…motor sport aja skrang byk yg mngaplikasikan model kondom…

  18. Ban bocor bisa buat nyawa melayang..
    Kondom bocor bisa buat nambah nyawa wakakakaa..
    Lah ini kalo buat motor apa?? kalo bocor hahaha…

  19. Jujur saya kemaren menunggangi Motor bersayap satu. Perlu diakui Honda memang hebat dari ketahanan Mesin (awet/long life) tapi hanya untuk jenis motor Honda Bebek saja. Sebagai contoh: Grand, Star, Prima, dan Kharisma. Terakhir kali saya memiliki Hond* Kharisma. Ajib banget motor ini. Mesin tangguh, Jkt-Jogja PP dah 6 kali gw jababnin. Cuma getaran mesinnya saja yang g nguatin. Bodi Plastik rontok semua. Sekarang mau gw jual buat Kredit Si Byson. Gw juga pernah pake Tiger. Ampun deh tu motor… Pemakaian normal aja, belum ada setahun sudah ada aja rewelnya. Dari Oli rembes, rantai boros, sproket belakang ngulet dan Mesin sangat kasar. Terakhir ,masalah di Tangki bocor juga. Terobosan Yamaha Byson ajib banget deh..

  20. kondom? ada +/- nya lah…
    + bisa gonta2i casing..
    – kalo pecah, musti beli casing baru, mending kalo murah, kalo mahal? mending bisa beli printilan, kalo harus satu set?

    soal karat, yg namanya besi, tetep aja bisa karatan, termasuk Byson…

  21. dari smua komen yg ane baca…tryta p200 tetep plg ok..2x jatuh tangki g penyok sm sx..cm stang aja yg agak bengkok ke dalam..ckup bw k bengkel g’da 5 menit udah balik ky smula…2x jatoh g’da ada tuh suara getar2….p200 emang ajib!!!jujur ane suka model tangki byson(cm model’y aja lo)…

  22. Saya gak ngerti jalan pikiran YMH, tangki bocor mang sumbernya dari mana…? k’lo dari air… ..tuh air darimana ..? k’lo dari luar (hujan,cucian motor) kan dah dilapisi cat anti korosi.
    jadi saya rasa pemakaian kondom dengan alasan supaya gak karatan akibat hujan kurang tepat…
    sebab dari beberapa sumber yang pernah w pelajari Penyebab Tanki Bocor adalah karena Faktor Korosi akibat air. dan air ini “bukan berasal dari luar”. tapi dari saat proses Produksi (Pengetesan kebocoran tanki yang mengguankan media air ) maupun bisa Juga dari BBM yang kualitasnya Jelek (Premium or lebih parah lagi BBM yang di jual pake botolan). Dan dari beberapa sumber yang saya terima Pihak HND memang mengakui dulu Proses Uji Tanki Menggunakan media air, tapi sekarang seiring dengan banyaknya “Klaim mengenai tanki bocor pada Megi & Tegre” . Pihak HND sudah merubah Porses Produksinya sehingga Tanki BBM pada Motor terbarunya dijamin lebiH awet. Tapi Kemungkinan bocor masih tetap ada, So sumbernya tinggal 1 yaitu Kualitas BBM.” catatan : kasus Tanki Bocor ternyata bukan hanya pd motor HND aza tapi di YMH juga banyak cuma ga di ekspose.” Hal ini menguatkan analisa bahwa “KUALITAS BBM yang beredar di masyarakat masih rendah”. jadi saran saya buat para biker “gunakan produk BBM berkualitas, minimal pertamax lah & satu lagi K’lo bisa jangan beli BBM yang di jual botolan di tepi jalan” salam :
    http://anto81x.wordpress.com/2010/12/05/photo-rekaman-kasus-cewek-perkosa-cowok/

  23. untuk kali kedua saya ngakak membaca postingan dari anda
    mengapa??
    ya, Byson memang motor dengan full kondom
    menurut saya itu adalah hal yang positif, mengapa??
    kalau kegores, ya tinggal ganti kondom
    ga usah mahal mahal benerin tangki yang dari besi
    dan yang paling ngakak saat saya membaca kalimat “Karena dari nenek moyang dulu…yang namanya motor sport tangkinya harus dari besi”
    mungkin motor yang anda pakai sekarang motor jaman nenek moyang, sehingga anda dapat mengklaim motor sport harus dari besi
    teknologi yang merubah peradaban

  24. setuju banget…sama koment yg sebelumnya…kalo pake kondom..tangkinya kalo kegores ya tinggal ganti aja kondomnya…tapi jadi kaya kucing angora ya..yg bulunya tebel n lucu.. tapi aslinya sih kurus… hihi hi..kayanya lebih pantes jadi yamaha angora nih…

    trus perlu di inget ya.. yang namanya kondom dipakenya sekali aja ya..jangan berulang ulang..tar bocor loh he he eh

  25. yaaah..terserah apa katanya orang orang yang kontra tangki nya kondom..soo what??yang penting nduwe motor byson,apik,cakep,aku yo cakep nunggangi motor byson..

  26. kagak usah heran deh…tangki moge tuh kondoman semua…bagi yang belum pernah punya mesti kaget……mending rasah tuku moge ajah

    mosok 200juta cuma dikasih tangki kondom wekekeke

  27. AH CUPU BANGET YAMAHA BYSON,GW KIRA GAGAH BENERAN GA TAUNYA CUMA BOHONGAN,,MALU2IN MOTOR GEDE AJA ,PAKE TANGKI PLASTIC,..,KALO MW NYAINGIN MEGAPRO PAKE TANGKI YANG SAMA KAYA MEGAPRO DONK,..INI PAKE CASING,,MALU2IN YAMAHA AJA,MENDING VIXION KMN2 KLO GT,,SEMUA ORG BISA ILFEEL KALO TAU BEGINI,YAMAHA MENIPU KONSUMEN AJA,,HUHU,.YAMAHA BYSON MALU2IN !!!

    • bahan pembuatan g penting,yang penting efesiensi…..
      ngapain ngikutin orng???mending buat trobosan sendiri…..
      biar kondom yang penting gagah…..
      daripada NMP,tangki plat tapi model jelek….
      kayak motor bapak”………

  28. ….tanki kok plastik……ya apa kalo jatuh dek parkiran….pecah mah…..kayak maenan plastik aja yg di impor dari guangdong……udah larinya lelet…..bodynya kayak sapi perah…..bukan streetfighter tp cowfighter……kayak sapi india…..

  29. tangki diberi kondom plastik pasti ada alasannya…..
    klo byson jatuh pasti yang pecah hanya sebagian kondom tangki kiri or kanan……
    klo kt bl kondom byson hrg-nya cuma skitar 600-700rb….
    tu pasti uda PASTIIII mulus seperti dari pabrikan….

    tapi coba kalo tangki dari plat besi…..
    kalo jatoh pasti penyok….,trus pasti harus di ketok n d cat ulang…..
    harganya skitar 400-500rb….itu pun pasti gak persis tangki dari pabrikan….
    belum lagi kendala apabila dumpulnya terkelupas(kadang”)…..

    kalo mau beli tangki dari plat yang baru pasti uda mahal banget….
    harganya sudah pasti diatas 1jeti…(apalagi pas kantong lagi bokek….)…..

    jadi pihak yamaha sudah memikirkan efesiensi dari smua kemungkinan…..
    jadi sob mau pilih yang mana???
    model plat ato kondom???
    itu sih terserah….krn setiap orang berbeda slera…..

  30. wah wah mungkin bagi mereka yang suka ngak mut dengan yamaha byson. 1arep tuku ora nduwe duwek.
    2 oratau nunggang blaasss..3 pikirane medoktok,, jelas duwek gak bakalan ngumpul, meski karna keadaan,, jangan pd gtu dong,, sabar aja lok pingin,,
    4 seng penteng aku nduwe yamaha byson,, troos tumpakane + mesine maknyus.
    jujur aja q pernah pakek cbr250 + suprafit new,, alamak,,bolak balik nguras dompet gawe ngamar,, haaah emang hondaki brengseeek,,, adoh adoh mlaku mek kon ndorong motor,,haaah ,kapok puuuuooool dengan honda

  31. kenyatak an punyae temenku megapro,, wkwkwkwkwkwk tankkine bocor mrambat2 ,, sampek di las trus di dempul + di cat malah karaten, trus ngocor mane,, solusine,, ngerti?? gak,,,, mek di tembel karo sabun colek merk winks,,,,hahah jadi yooow brantakan meski iso mlaku tetep kudu siap siap sabun,,

1 Trackback / Pingback

  1. 2010 summary in review « RODA 2 BLOG

Tinggalkan Balasan