MOTOR SPORT, HONDA JELAS YAMAHA RIBET

Di Indonesia, pangsa motor sport boleh dibilang sangat kecil dan stagnan di kisaran 8 % dari total market share….hmmm jelas dibutuhkan suatu pendekatan khusus, apalagi kelas ini boleh dibilang mukanya pabrikan, percuma sukses dibebek dan matic kalau dikelas ningrat ini motornya cuma bisa buang asap doang.

Apalagi adanyan BAJAJ yang khusus konsen disini, terutama lagi Kawasaki yang seakan sangat eksklusif…nehh ninja gue…nggak ada yang akan meremehkan apalag ninin 250…wuihhhh jiannn tenan

Malah kadang, motor sport lebih dari sekedar kendaraan tapi juga gengsi. lihat aja betapa hebohnya ninja saat dipake jualan bakso atau saat cbr dipake jual sayur….

kembali ke laptop…maaf bukan BC tapi sekedar analisa marketing saja

Saya melihat strategy Honda di kelas ini cukup simpel tapi mengena langsung…. melihat pesaing terdekatnya yang punya dua jagoan baru (Byson+New Scorpio) + seorang jagoan bertahan (V-ixion)…nggak mungkin kalau Honda hanya mengandalkan New Megapro + kakek Tigor…

Baca Juga:   Pemenang Yamaha Lexi Jingle Competitio Hadir Di Jakarta

Jika positioning motorsportnya Yamaha terlihat ribet pada sasaran market yang dituju dan cenderung tumpang tindih…..lihat aja gambar ini

Berbeda dengan Honda yang kayaknya nggak ribet…cukup simpel tapi mengena, karena diferensiasinya cukup begini…

elo mau naked bike + murah + bertenaga + tampang juga lumayan+irit …. monggo pilih new megapro 150cc

mau yang  eksklusif + sporty + nggak malu-maluin diparkir samping DUCATI … monggo pilih CBR250 yang akan segera diloncing

terus siapakah yang bisa merajai segmen ini…kalau Yamaha bisa mengelola multi brandingnya, bisa saja mereka tetap meraja di segmen ini

Tapi  segmentasi Honda yang simpel dan mengena, dengan product yang lebih sedikit, bisa mengalahkan Yamaha dengan mudah….hmmm….mongso kang tumandang sopo sing menang…time will tell laghh kata juragan Rondo

Yang..pazzti…tren penurunan harga yang dimulai oleh New Megapro dan diikuti oleh BAJAJ…pazztinya haruzz diikutin pabrikan lain, dan jika itu terjadi, jika selisih motor sport dan bebek hanya 1-2jutaan…wuiiihhh akan ada banyak motor sport dijalanan…semoga demikian

roda2blog di sosial media

10 Komentar

  1. Byson ama Vixi dah pasti malah rebutan krn diferensiasinya selain injeksi rada sumir, mungkin seandainya Byson menggantikan vixi dengan injeksi + cakram belakang + selisih harga dgn NMP yg ga signifikan bisa jadi ceritanya beda.

  2. Kayaknya gak ribet2 amat deh..

    Maw keceng ya scorpio
    Maw gagah ya Byson
    Maw canggih ya Vixion

    yang repot kalo maw ketiga aspek itu..
    Ehh.. Gampang deng.. Beli aja Yamaha R1. Sepppp dahh..

    Emang CBR udah pasti? Di artikel2 koran kan AHM maw nunjukin doang CBR di JMS, Ngeliat REAKSI masyrakat en wartawan. Kalo lesu ya…. Gak bakal dateng..

    Beda ama Honda Eropa yang udah antusias menjajaki (baca : ngerusuhi) pasar kelas Ninja250 dan Hyosung 250..

Tinggalkan Balasan