HONDA New Megapro OVER PRICE?

Seperti biasa, kenapa harga motor di Indonesia dan diluar negeri, terutama India. kok beda jauh banget. Yaghh, ambil contoh New Megapro dan CB U DAzzler yang pinang dibelah dua aja bedanya sampe 5 juta….weleh, kok bisa ya…

Sebelum nyalahin AHM si perakit, ada baiknya kita kuliti dulu ulah si Gayus dan kawan-kawanya, ini perhitungan ane

Ada dua PpN di atas, pertama PpN untuk sepeda motor itu sendiri secara utuh. Nah yang kedua, adalah PpN yang terhadap part-part sepeda motor….kok bisa.

Contoh ban NMP yang bermerek IRC, ketika pabrik IRC ngirim ban ke Pabrik HONDA, di Nota tagihanya pasti ada PpN di Nota IRC…jadinya, harga ban akan lebih mahal 10%, begitu juga dengan komponen yang lain

Baca Juga:   Kenapa Usia Batas Minimum SIM 17 Tahun?

Sedang PpN sepeda motor…ya Pajak dari harga jual sepeda motor itu, lha wong sabun mandi aja dikenai PpN 10%, pulsa pun juga kena 10%…coba aja diliat di struk belanja di swalayan, pasti ada kata…. harga barang sudah termasuk PpN…ra bedo karo Londo

Perhitungan diatas belum termasuk PKP (perusahaan kena pajak)…rumit klo harus ngitung itu

Naghh kalau “aneka retribusi” apaan ya?…ya itu, jembatan timbang di tiap kabupaten, aneh tur gendeng, padahal itu truck sudah bayar pajak tiap tahun, bayar biaya “kir” juga setiap tahun…terus masih juga dipungut biaya angkut?

Karena otonomi yang keblinger, sekarang ada lagi…”parkir berlangganan”…yang nggak bisa dinalar, pemilik kendaraan nggak bisa memilih…pokokknya harus bayar…klo roda 2 sih murah cuma 15ribu, lha kalau roda empat…45 ribu bung

roda2blog di sosial media

21 Komentar

  1. Ohhhhhh begitu yak ngitungnya, baru kejawab sekarang.
    Pantesan harga di faktur motornya jauh lebih murah dibanding harga jualnya.
    Tapi bagaimana ngitungnya ada harga motor yang harganya sampai lebih murah 2 juta dibanding sebelumnya yak?

  2. @Udin:
    Mungkin masih ada komponen impor, coz klo ada yang Impor, selain kena pajak juga kena biaya custom dan biayai cukai, dan apalagi kalau digolongkan Barang Mewah…beda kalau blek CBU macam Bajaj Pulsar malah bisa lebih murah

    • ITULAH EDYANNYA PERPAJAKAN INDONESIA, Klo impor emang ketemunya lebih murah daripada produksi dalam negeri, makanya banyak yang kabur dari Indonesia macam SONY. Coz klo impor itunganya cuma kayak gini
      BM (Bea Masuk) 5%
      PPN 10%
      PPh (dgn API)2.5%
      20% berbanding 17,5%
      Ambil contoh Pulsar 180 UG 4 yang di India dihargai Rs 62.000 (12,4juta = $1300) jika ditambah tetek bengek tadi ketemunya cuma 14,6 jt

  3. Motor baru..motor baru..New Mega Pro adalah inspirasi baru dalam hidupku. Bayangkan…selama hampir 20 tahun naik “bebek” honda star, kemudian beralih lintasan menuju sport NMP, kaya lompat galah gitu..hee.

    Tapi proses perjalanan menuju NMP tidak begitu saja terjadi. Di awal 2008, sempat kepincut sama Pulsar 180. Motor yang begitu saya kagumi karena tampilan dan permformanya. Jika tiap kali berpapasan dengan Pulsar 180, hati ini langsung rasa dag..dig..dug. Separti waktu cinta pertama dulu..cieee…Selama hampir 2 tahun, kupendam perasaan ini untuk segera mengungkapkan perasaan. Apalagi di tahun 2009, si cantik Pulsar 180 keluar dengan dandanan baru berupa Pulsar 180 UG4 alias Upgrade yang ke 4, wuiiih…semakin kelimpungan hatiku ingin segera meminangnya…Performanya yang mirip Pulsar 200, membuat hatiku semakin mantap…

    Sampai akhirnya, dibulan September 2010, ada hembusan segar berupa Pulsar 180 UG4 yang turun harga dari 18,5 jt menjadi 16,4 jt..wuih…2 juta boook turunnya, membuat langkahku tak terbendung….

    Tapi…kecintaanku pada Pulsar 180 segera tergantiakn begitu melihat NMP yang berlenggak-lenggok di TV, di Majalah, di jalan-jalan…Ibarat gadis..NMP itu semox plus genit plus manis plus+plus…

    Hati ini masih memendam perasaan dengan Pulsar 180 UG4, tapi tidak bisa berpaling dari NMP. Saat ini yang ada dalam pelukanku adalah NMPku yang sangat aku sayangi. Biarlah…bila Tuhan mengijinkan…kan “kujadikan Pulsar jadi yang kedua”….Hikksss

    • @jonlenon:
      persis sperti kisah hidup saya, tapi yang saya sesalkan, kenapa itu UG4 turun harga setelah NMP-ku turun ke garasi, andai lebih awal turun harganya….pazzti motor ku sekarang UG4… :mrgreen:

  4. Sewbenarnya kalau bicara pajak, dimana saja ada, hanya memang mungkin masih banyak yang mengada-ada atau yang menyimpang..Ya begitulah, minimal kita tahu mengapa harga jadi begitu mahal dibanding di negeri oarang.

Tinggalkan Balasan