Penyakit di Servis Rutin Resmi : Bongkar Karbu!

Sebagai bentuk bagian dalam pertanggung jawaban terutama masalah garansi mesin, maka diberilah kartu servis berkala yang kadang gratis biaya dan gratis oli juga.

Yaghh sebenarnya sih buagus banget, tapi ada beberapa prosedur yang sebenarnya salah fatal tapi tetap dilestarikan sebagai bagian adat dan budaya dan kebiasaan

BONGKAR KARBU?

Yang sering dilakukan dan yang pasti adalah bongkar karbu. Maksudnya sih baik, padahal efeknya sangat buruk. Lagipula dalam petunjuk resmi, sebenarnya tidak ada anjuran atau kewajiban untuk bongkar karbu, yang ada adalah pengecekan. 

Pasti beda lah antara pengecekan dan pembongkaran. Menurut kepala teknisi di AHASS WISNU MADIUN, Bung Pendek (Nama tenarnya), pengecekan cukup dilakukan dengan mengetes motor dan menanyakan ke konsumen adakah keluhan seputar performa. Jika ada barulah dilakukan pembongkaran jika diperlukan.

Baca Juga:   Ide Bisnis Menggiurkan, Jualan Crepes Pakek Motor

Kesalahan paling fatal lagi menurut dia, motor baru jalan 500KM karbu udah dibongkar, padahal itu masih setelan pabrik dan lewat QC…sedang mekanik yang bongkar baru sebatas tamatan diklat 6 bulan, makanya nggak semua mekanik di AHASS memiliki kualifikasi yang sama …. halllah promosi

Kan kotor bro?

Karbu di zaman sekarang sudah dilengkapi oleh filter udara yang menyaring udara masuk, asalkan rutin mengganti  filter, dizamin tidak akan kotor itu karbu, apalagi lubang udara berada dibawah jok untuk jenis NMP … kecuali kalau yang naik sering kentut :mrgreen:

Kan setelannya bisa berubah?

Upps ini adalah mitos lama juga, pada karbu model terbaru, terutama model vakum setelan akan sangat awet, karena bukaan diatur oleh TPS apalagi juga sudah didukung model mapping. Naghh kalau sering dibongkar terus masang karet vakumnya salah atau “doll” malah mengacaukan proses pembacaan TPS…ujung-ujungnya mesin jadi brebet

Baca Juga:   Biar Bejaban Lawan DOHC Overstroke Honda CB150R. Yamaha Sedia Busi Irridium Khusus Untuk r15 dan NVA

Kalau sering dibongkar gimana bro?

Tanggung sendiri akibatnya, berupa karet vakum yang mudah lower alias doll, denger2 harga karetnya yang KW1 aja bisa mencapai 100ribuan. Klo udah parah, ya … mau gak mau harus ganti Karbu.

Terus kapan harus dibongkar?

Bongkar karbu ketika terasa ada masalah aja, yang penting rutin ganti filter udara…yahhh kecuali kalau karrbu udah dibelombong tanpa filter … baca juga disini

roda2blog di sosial media

4 Komentar

Tinggalkan Balasan