Pendidikan Pertama

Pendidikan pertama bagi para Nabi adalah menggembala domba. Jadi nggak ada salahnya untuk meniru. Yang pasti besarnya nanti nggak boleh jadi Nabi :mrgreen:

Pendidikan usia dini sering diabaikan oleh orang tua. Ada yang menyalahkan ke sekolah jika anaknya bodoh atau nakal, padahal si anak hanya 12 jam berada disekolah, kok yang disalahin sekolah … lha sing nggawe sopo?

Yang lebih parah lagi, si anak yang baru berusia 5 sampai 13 tahun sudah dititipkan ke Pesantren Anak. Emang sih niatnya bagus, tapi tolong jangan kebablasen. Hampir 90% anak didik saya usia SD (kelas 1-6) yang tinggal di pesantren, lebih nakal, lebih ndablek, Kotor, nggak terawat, persis seperti anak terbuang.

Baca Juga:   Jokowi: Jangan Jaminkan Sertifikat Tanah Untuk Beli Mobil

Maaf, agak keras. Kesalahan boleh saja ditimpakan pada pengurus Pondok Pesantren, tapi kesalahan paling mutlak ada Bapak-Ibunya si santri. Anak usia 5 – 13 tahun sangat membutuhkan kasih sayang orang tua dan pastinya belum bisa mandiri. Itu adalah masa emas kedua dalam tumbuh kembang terutama karakter.

Harus ada semacam Undang-Undang atau peraturan yang khusus mengatur usia berapa anak boleh dibuang dititipkan  ke Pondok Pesantren. Jangan seenak udelnya mengatasnamakan demi agama, anak usia 5 tahun, bahkan ada yang berusia 3tahun sudah dipondokkan. Lha terus mana tanggung jawab orang tua?

Bercermin pada kisah hidup Nabi Muhammad, beliau pada usia 6 tahun justru kembali ke asuhan Ibunya Aminah. Setelah meninggalnya sang Ibu, Usia 6-13 tahun beliau berada dalam asuhan ekslusif kakeknya Abdul Mutholib. Entah apa jadi Muhammad jika dia nggak dapet pendidikan karakter yang eklusif dari Kakeknya.

Baca Juga:   Serunya Fazzio Youth Project di Jogja dan Jateng, Bukti Cinta Pengguna Yamaha Fazzio

Soo bagi aktifis Islam, pliss … jangan sampai sibuk dakwah dengan seenaknya menitipkan anak usia 6-13tahun ke pondok pake alasan Agama. Ingatlah karena itu bisa jadi dosa besar, menyuruh orang berbuat baik, tapi menelantarkan anak

“كبر مقتاً عند الله تقولون مالا تفعلون”

Dosa besar di sisi Allah adalah (kamu) mengatakan apa yang tidak (kamu) lakukan (QS As-Shoff)

 

 

4 Komentar

  1. waduh, harus beli domba nih
    hehehhehe
    sekarang memang tambah mengkhawatirkan….anak-anak usia sekolah sudah banyak yang masuk tipi…acara kriminal…………….
    pesantren juga banyak yang disalahgunakan
    hmmmmmmmmmmmmmmmm..pusing.orang tua harus selalu aktif……….

  2. good point…
    nanya mas bro….kalo anak kecil diajak ikut demo (berbendera ormas islam) dengan alasan supaya lebih kenal perjuangan islam sejak dini apakah itu bisa diterima??

Tinggalkan Balasan