F5 Tiger … Si Pesawat Setan!

F5 Tiger

Sejak embargo onderdil dari Amerika Serikat dicabut pada tahun 2005. Deru pesawat-pesawat latih dan tempur yang mangkal di Bandara Iswahjudi Madiun kembali mengganggu mengingatkan saya pada nostalgila masa kecil.

Rute terbang yang meliputi wilayah Madiun – Ponorogo – Pacitan dengan sasaran tembak di Gunung Suren Ponorogo ya memang kudu meliwati atas rumah JUPe.

Saat masih kecil dulu, yang pualing menyebalkan pesawat F5 Tiger. Jet ini udah lewat tapi suaranya baru datang belakangan, menggelegar seperti petir. Klo dulu, Namanya juga anak kecil, udah berlarian ke luar rumah, ehhhh nggak ngeliat apa-apa :mrgreen:

Pesawat ini di Asean dimiliki Oleh Singapura, Thailand, Filipina dan Indonesia dengan 24 biji terbanyak. Tapi yang sehat cuma 16 doang 🙄

Pesawat ini sendiri sebenarnya sangat laris karena ringan, harga rendah,  perawatan mudah dan ampuh. Sayangnya, saat di-upgrade ke F20 Tigershark lha kok nggak laku terus si Northtop bangkrut. usut punya usut, alasanya adalah calon pembeli membatalkan order karena pemerintah Amerika Serikat sendiri tidak berminat mengoperasikan pesawat ini dalam jajaran armadanya.

Ditambah lagi kecongkakan Ronald Reagan yang emoh menjual F20 ke India dan Taiwan dengan alasan terlalu bagus untuk mereka. Padahal itu negara dah inden 200 pesawat. 🙄 akhirnya … bangkrutlah si Norhtrop lalu dibeli Grumman (menjadi Northrop Grumman) … tapi nasib sial masih menimpa, karena desain F-18L northrop sukses dicuri Boeing untuk dilabeli F-18 Hornet, yang sampe sekarang jadi tulang punggungnya AU Amerika.

Kembali ke laptop …

Dibanding F16, F5 Tiger emang kalah dari segi artileri. Tapi soal manuver, kecepatan dan fighting “air by air” sangat menakutkan 8) lha wong Sukhoi 27 aja bisa takluk. Nggak heran klo si maling keder sama pesawat yang satu ini :mrgreen:

Sooo … jangan meremehkan kekuatan TNI, apalagi soal mental tempur, tetap yang terbaik di Asia. Liat aja marinir dibawah ini saat perang Aceh dulu. Jangan pelindung dada macam marinir Amerika, lha wong helm aja pada nggak make

 

roda2blog di sosial media

15 Komentar

  1. bener bro, pilot TNI AU terkenal handal walaupun pake pesawat jadul. F5 Tiger udah selayaknya diganti, menrt ane calon yg cuocok JAS Gripen NG..

  2. gan sedikit revisi, f 18 hornet itu tulang punggung AL amerika serikat, karena kemampuannya utk lepas landas dan mendarat di kapal induk. kalo utk AU amerika masih F 15 eagle yg akan segera di ganti oleh F 22 Raptor. trima kasih gan

  3. Foto trakhir, klo liat senjata2 yang ditenteng (RPG, AK47), begitu juga typikal wajah serta dandanannya (topi rimba, drahrim) kok feeling ane itu justru personel GAM om, bukan marinir kita. marinir kyknya topinya doang. Cmiiw

Tinggalkan Balasan