Kenaikan BBN di JATIM emang TERLALU!

Cukup kaget saat saya mendapati sebuah brosur motor Honda dan Yamaha di wilayah solo, disitu tertera klo harga seekor NMP masih dikisaran 20 juta sedang di Jatim bisa tembus 20,6jt … sama juga si Byson di Solo dikisaran 20,2 di Jatim bisa tembus 20,8jt.

Efeknya pun luar biasa, contohnya Yamaha yang harus turun 30%.

Padahal secara kualitas jalanan, Jawa Tengah masih lebih baik daripada Jawa Timur. Mungkinkah ini efek dari syndrome pemimpin berkumis yang saat kampanye sama-sama mengusung slogan … “berikan pada ahli-nya”

SURABAYA – Peningkatan pajak Bea Balik Nama (BBN) di Jatim, yang lebih tinggi dari wilayah lain, membawa dampak negatif terhadap pasar otomotif. Pajak BBN untuk mobil yang dipatok sekitar 50 persen di Jatim dari normalnya sekitar 10-15 persen di provinsi lain, telah menurunkan daya beli mobil hingga 40 persen. Ternyata tidak hanya untuk mobil, pajak BBN untuk sepeda motor di Jatim juga dipatok tinggi, yaitu sekitar 25-30 persen. Akibatnya, penjualan motor roda dua ini juga tergerus sekitar 30-35 persen dua bulan pertama tahun ini. President Directur Yamaha motor, Dyonius Beti mengatakan, peningkatan penjualan tahun ini sepertinya tidak seagresif tahun lalu, terutama di wilayah Jatim. Ditingkat nasional, penjualan Yamaha motor tahun lalu masih bisa tumbuh 26 persen dari tahun sebelumnya, atau sekitar 3,2 juta unit. Tahun ini, diperkirakan penjualan Yamaha masih bisa tumbuh di kisaran 12-13 persen, atau sekitar 3,6 juta sampai 3,7 juta unit. “Di luar wilayah Jatim, penjualan kami masih tumbuh mulai 5-30 persen. Namun di Jatim pada Januari dan Pebruari kemarin, turun sekitar 30-35 persen dari sebelumnya,” ujar Dyon, akhir pekan lalu.Penurunan tersebut selain karena banyaknya gagal panen karena cuaca tidak menentu, juga dominant disebabkan oleh peningkatan pajak BBN yang dipatok lebih tinggi. “Pasar masih kaget dengan tingginya pajak BBN, sehingga banyak yang menunda pembelian sepeda motor. Keadaan ini kami perkirakan akan pulih pada tri wulan kedua tahun ini. Apalagi untuk menggait pasar, kami juga gencar melakukan Savety Champion ke sekolah-sekolah dan juga meluncurkan produk baru,” tambah President Director PT. Surya Timur Sakti Jatim, Robert Tansil, selaku main dealer Yamaha di wilayah Jatim.

Baca Juga:   Test Ride Honda Genio, Si Mungil Yang Asyik

roda2blog di sosial media

8 Komentar

  1. “Cukup kaget saat saya mendapati sebuah brosur motor Yamaha di wilayah solo, disitu tertera klo harga seekor NMP masih dikisaran 20 juta sedang di Jatim bisa tembus 20,6jt”

    Jadi…… Sekarang Yamaha Jatim jualan NMP toh ?

  2. Nitip jemuran gan….:)

    Ninja 250 mulai dikloning?
    http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/14/kloningan-ninja-250r/

    yang suka moge naked?
    http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/14/loncin-lx650-big-single-street-bike/

    Disini baru keluar, di china udah dikloning
    http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/14/kawasaki-er6-sudah-dikloning-cfmoto-rs650/

    moge bermesin ATV SUBARU
    http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/14/moge-sport-china-hisun-hs500/

    heheheh.. ngimpiiii….
    http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/13/mocinrider-siap-ikut-kejurnas-250cc/

  3. wah bener2 mahal,ditempat ane aja yg jaraknya200 km dari ibu kota propinsi nmp 20.5 juta,awal keluar 20 juta 40 ribu. ane di sulawei selatan.
    SALAM KARET BUNDAR™

Tinggalkan Balasan