Yamaha New Taste vs Honda New Era

Bagi pabrikan HONDA, punya masa lalu buruk rupa bukanlah suatu musibah. persis seperti ucapan Bang Ali Majedot, lebih baik mantan preman daripada mantan kiai :mrgreen:

Naghh, ditengah pertarungan industri roda dua. Nama Honda dulu identik dengan body koplak dan telinga budeg, tapi itu dulu … setelah kejedot sama musuh utamanya, persis seperti kisah Stepen Chow di kungfu hustle, remuk redam dihantam musuh, tapi justru itulah yang membuka titik-titik Chi tenaga dalam Honda.

Untuk kemudian terlahir kembali, dari pemain mafia kacangan jadi pendekar adidaya tanpa tanding :mrgreen: Serangan balik dengan ledakan tenaga dahsyat, dengan aneka jurus baru yang luarr biasa. Naghh inilah yang saya sebut sebagai Honda New Era … koyo sandal wae 😆

Yamaha sebagai kompetitor pun cukup cerdik. Tahu bahwa modalnya terbatas dan emang nyatanya lebih miskin jurus  8) ibarat kisah komik “the impeccable TWIN” … Yamaha itu ibarat Kang Siau Hiji dari lembah Ok Jin Kok yang terus menerus diburu oleh HO BU KOAT yang kaya jurus.

Baca Juga:   Lek-lek'an Malam Tahun Baru 2014 Sidorejo

Tapi  Siau Hiji lebih cerdik, meski beberapa kali menghindar dari pertarungan. dia juga sukses menciptakan membuat produk-produk baru yang “taste” nya berbeda dengan produk-produk yang saat ini sudah ada di pasaran.

Byson dan Xeon. Orang sah-sah saja mengatakan New Megapro lebih garang dari Byson, tapi ingat “taste” Byson belum pernah ada di motorsport kelas murah sebelumnya.

Demikian juga Xeon, khalayak pasti bertanya-tanya kenapa harus Xeon bukan Fino atau lainya. Yang pasti, mesin 125cc yang diusung menawarkan rasa matic berbeda dibanding matic-matic yang ada … yahhh selain lebih halus mesinya, nggak kalah deh sama bebek sport larinya, walaupun cebol kaki ban-ya 😈

Para FB boleh saja berkomen, kenapa Yamaha kok gak ngladeni Honda… bagi pabrikan sekecil Yamaha, produk baru selain harus model baru, juga harus memiliki rasa baru dan berbeda dari yang sudah pernah ada pilihan smart walaupun agak ribet risetnya.

Baca Juga:   Panik Pakai Mobil Matik, Sopir Honda Jazz Tabrak Peserta Karnaval

Lalu siapakah yang akan memenangkan pertarungan?

Secara market share Honda sudah pasti menang, tapi untuk “fanatisme” konnsumen belum tentu. Ibarat kecap, Yamaha menawarkan kelezatan yang belum pernah ada sebelumnya, dan itulah yang sedang diperjuangkan. Agar rasa tadi menjadi tradisi yang diwariskan turun temurun… smart strategy daripada melayani jual-beli adu pukul yang pasti jatuh KO

Sooo perlukah Yamaha bersikap reaktif terhadap Spacy dan CBR-150 … klo spacy, mau-gak mau YMKI harus mempermak ulang si Mio. Tapi buat CBR 150, cukup minor change di V-ixion sudah mampu pukulan CBR. Klo produk baru? … perbaiki dulu supply Byson, baru mikir bikin anak lagi :mrgreen:

roda2blog di sosial media

18 Komentar

    • ahhh…
      ane rasa malah kebalik justru sekarang honda yg lebih variatif dgn berbagai cita rasa.
      untuk segmen skutik khususnya, AHM menyediakan berbagai macam pilihan dari yg kompak, sporti, elegan, retro smpai yg mewah.
      sedangkan yamaha desainnya sami mawon……!! dari mio, muio soul sampai Xeon ya gitu2 aja.
      karakternya sama.

      untuk segmen bebek juga begitu, honda menyediana berbagai macam varian dgn berbagai cmacam cita rasa.
      ada yg konvensional, dan yg sporty sedangkan yamaha sama semua.
      lihat dari model headlamp aja honda macem2 lho.
      Abs Reo headlamp dan sein menyatu dibatok kepala, untuk Blade menyatu ditebeng, untuk HSX misah headlamp dibatok sein di tebeng.
      sedangkan yamaha?
      sama semuaaa……….!!

      begitu juga untuk segmen sport, yamah cuma menyediakan 1 model yaitu model naked sedangkan Honda ada naked dan ada yg full fairing.

  1. cuma sayangnya yamaha rasanya itu itu aja, beda dengan honda yang rasanya lebih banyak dan nikmat. ibarat kecap, yamaha cuma ada kecap manis, sedangkan honda ada kecap asin dan kecap pedas

  2. siau hiji pendekar binalnya khu lung/gu long yah? belum tertarik baca karya gu long, bahasanya terlalu puitis/berbelit.. lebih suka karya chin yung/jin yong yang bahasanya terkesan sederhana mudah dipahami..

    • karya Gu Long yang ini nggak terlalu puitis bro, ada unsur kocaknya malah, tapi klo nggak ngikutin dari pertama emang agak bingungin … karena silsilah keluarganya emang rumit

  3. ahhh…
    ane rasa malah kebalik justru sekarang honda yg lebih variatif dgn berbagai cita rasa.
    untuk segmen skutik khususnya, AHM menyediakan berbagai macam pilihan dari yg kompak, sporti, elegan, retro smpai yg mewah.
    sedangkan yamaha desainnya sami mawon……!! dari mio, muio soul sampai Xeon ya gitu2 aja.
    karakternya sama.

    untuk segmen bebek juga begitu, honda menyediana berbagai macam varian dgn berbagai cmacam cita rasa.
    ada yg konvensional, dan yg sporty sedangkan yamaha sama semua.
    lihat dari model headlamp aja honda macem2 lho.
    Abs Reo headlamp dan sein menyatu dibatok kepala, untuk Blade menyatu ditebeng, untuk HSX misah headlamp dibatok sein di tebeng.
    sedangkan yamaha?
    sama semuaaa……….!!

    begitu juga untuk segmen sport, yamah cuma menyediakan 1 model yaitu model naked sedangkan Honda ada naked dan ada yg full fairing.

  4. wah… ane juga penggemar komik twins bro…

    siau hiji, 10 penjahat ulung, yan lam thian… wuaaahha… keren…!!! banyak pesen moral disitu. tapi cuma yg season 1, season 2 dah terlalu ngada2 n manjang2in ceritanya kyk sinetron tersanjung dulu… :p

Tinggalkan Balasan